Kemenpora dan Kemenparekraf Digabung, Kemajuan Industri Olahraga dan Ekonomi Bisa Jalan Bersamaan

Kemenpora dan Kemenparekraf Digabung, Kemajuan Industri Olahraga dan Ekonomi Bisa Jalan Bersamaan

Ajang F1 SuperBoat di Danau Toba Sumatera Utara--setkab.go.id

FIN.CO.ID - Wakil Ketua Umum Kadin DKI Jakarta, Akhmad Syarbini mendukung wacana digabungnya Kementerian Pemuda dan olahraga (Kemenpora) dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Menurutnya, dengan bergabungnya dua Kementerian tersebut berdampak positif bagi industri olahraga dan juga pariwisata Indonesia. 

"Positifnya adalah industri olahraga akan bisa didorong dengan cepat, sehingga dalam koordinasinya dalam satu kementerian," katanya saat dikonfirmasi, Kamis 18 April 2024.

Dia menegaskan, perlunya memperkuat Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), sebagai ujung tombak yang mengkoordinasikan seluruh kegiatan olahraga.

Akhmad menjelaskan, penggabungan ini dapat meningkatkan efisiensi pemerintahan, dengan memperkuat peran strategis dan efektifitasnya. 

"Bergabungnya dua kementerian ini bisa lebih efisien," ujarnya. 

BACA JUGA:

Namun, peran KONI tetap diperkuat dalam rangka mendorong industri olahraga menjadi besar.

Lebih lanjut, Akhmad menambahkan, dalam konteks ekonomi, penggabungan ini diharapkan dapat memicu pertumbuhan industri olahraga dan pariwisata. 

"GBK sudah dioptimalkan secara industri untuk olahraganya digabungkan dengan pariwisatanya," katanya. 

Dia mengatakan, penggabungan diharapkan dapat mengoptimalkan pemanfaatan Jakarta Internasional Stadium dan meningkatkan frekuensi event seperti Formula E di Ancol.

Selain itu, Akhmad juga menyoroti potensi sektor ekonomi lainnya yang akan terdorong oleh penggabungan ini, terutama dalam mengundang event besar dan mengembangkan industri olahraga secara keseluruhan. 

"Sektor ekonomi industri olahraga itu sendiri akan berkembang, serta akan ada peningkatan dalam mengundang event-event besar," ungkapnya.

Dengan demikian, penggabungan antara Kemenpora dan Kemenparekraf diharapkan dapat memberikan dorongan signifikan bagi kemajuan industri olahraga dan pertumbuhan ekonomi di Jakarta, dengan melibatkan peran aktif dari KONI dan organisasi olahraga lainnya.

Fokus Masing-Masing Bidang

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: