Kemenpora Akan Lakukan Pencarian Bakat untuk Pembalap F1 Powerboat Indonesia

Kemenpora Akan Lakukan Pencarian Bakat untuk Pembalap F1 Powerboat Indonesia

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo--(bagus/kemenpora.go.id)

FIN.CO.ID - Kemenpora akan melakukan talent scouting (pencarian bakat) untuk pembalap F1 powerboat Indonesia bersama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Hal tersebut dikatakan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo dalam konferensi pers di Media Center F1 Powerboat Danau Toba 2024 di Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Minggu, 3 Maret 2024.

Dito Ariotedjo mengatakan, pencarian bakat tersebut merupakan langkah awal Indonesia membentuk tim F1 Powerboat untuk berlaga dalam ajang internasional.

"Tadi malam kami sudah rapat dan akan mengadakan talent scouting bersama dengan IMI," ujarnya.

Dito menjelaskan, untuk mencari pembalap F1 powerboat akan lebih mudah jika calonnya merupakan atlet gokart, motocross, dan pilot pesawat jet tempur.

Dengan adanya pengalaman yang dimiliki tersebut, para calon pembalap jet air akan semakin mudah untuk beradaptasi.

Dia menyampaikan, selain mencari pembalap, pemerintah dan H20 Racing selaku promotor F1 Powerboat juga telah bersepakat membentuk akademi untuk olahraga F1 Powerboat dan aquabike atau jetski.

Ia optimistis, kerja sama seluruh pihak dan juga kementerian akan mampu mendorong terbentuknya tim F1 Powerboat Indonesia.

Selain itu, Dito juga mengimbau kepada pemerintah daerah lain untuk menjadikan Danau Toba sebagai acuan guna mengembangkan pariwisata olahraga (sport tourism) berskala internasional, khususnya olahraga air (watersport).

Menteri termuda Kabinet Indonesia Maju itu menilai penyelenggaraan F1 Powerboat Danau Toba 2024 yang dipadukan dengan kejuaraan nasional jetski dan kompetisi perahu dayung tradisional Solu Bolon mampu menyedot minat wisatawan lokal, domestik, dan mancanegara sekaligus.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: