Nilai 95

Nilai 95

Facebook Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong yang cukup aktif--

Oleh: Dahlan Iskan

DARI 0 menjadi 80. Itulah hasil prestasi Lee Kuan Yew di Singapura. Anaknya, membawa nilai 80 itu ke 95. 

Betapa sulit tugas si 4G Lawrence Wong. Pengganti Lee Hsien Loong itu nanti hanya perlu menaikkan nilai Singapura tiga poin saja: menjadi 98. 

Tiga poin.

Mungkin lebih sulit dari 15 poin yang dihasilkan Lee Hsien Loong.

Meski Lee Hsien Loong begitu berhasilnya tetap saja ia memikul'''dosa;' turunan: dianggap bisa jadi perdana menteri hanya karena anak pendiri Singapura, Lee Kuan Yew.

Untuk ''dosa'' itu Lee Hsien Loong pernah berujar: "Ada yang meragukan kemampuan saya  jadi perdana menteri. Saya dianggap bukan orang yang paling cocok. Hanya karena ayah saya saja. Istri saya pun jadi pemimpin di grup Temasek dianggap bukan orang yang paling cocok melainkan karena dia istri saya. Kalau benar begitu maka seluruh kredibilitas dan kewibawaan moral saya hancur karena saya tidak layak untuk posisi ini."

Padahal ia sudah hebat sejak anak-anak. Lee Hsien Loong sudah belajar membaca Jawi di umur 5 tahun. 

Anda sudah tahu: Jawi adalah bahasa Melayu yang ditulis pakai huruf Arab. Hurufnya Arab tapi bunyinya Melayu. Karena itu penguasaan bahasa Melayunya sangat baik. Lihatlah pidatonya dalam bahasa itu. Mengesankan.

Nilai yang ia raih saat SMA pun sempurna. Itulah yang membuatnya mendapat beasiswa presiden. Bukan karena anak papa.

Dengan beasiswa itu ia kuliah di Cambridge, Inggris. Ia pilih jurusan matematika.

Dosennya di Cambridge pernah minta Lee Hsien Loong untuk tetap tinggal di Inggris. Atau di Amerika. Untuk menjadi ilmuwan matematika. Jangan pulang ke Singapura. Mentornya di Inggris akan mengarahkannya menjadi ahli di bidang teori grafik kontemporer, kombinatorik, dan analisis fungsional. 

Saat di Inggris itulah Lee kenal wanita setahun lebih tua: Huang Mingyang. Huang sedang kuliah kedokteran di Girton College.

Saat berumur 26 tahun Lee menikahi Huang. Tiga minggu setelah Huang melahirkan anak kedua dia meninggal: sakit jantung –bukan kanker.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber:

Berita Terkait

Emas Bodoh

1 minggu

Nilai 95

1 minggu

Madinah Kafe

3 minggu

Somasi RBT

3 minggu

Gaza Rock

3 bulan

Gaza Ben

3 bulan