Diskon Tarif Tol 20 Persen hingga Kalikangkung Masih Berlaku hingga Pukul 05.00

Diskon Tarif Tol 20 Persen hingga Kalikangkung Masih Berlaku hingga Pukul 05.00

Arus kendaraan yang akan masuk ke gerbang Tol Kalikangkung Semarang yang menuju barat atau Jakarta, Sabtu (29/4/2023). (ANTARA/I.C.Senjaya)--

fin.co.id - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengimbau masyarakat yang mau mudik dapat memanfaatkan program diskon tarif tol yang masih berlaku sampai besok pagi pukul 05.00 WIB.

Hal ini, kata Muhadjir, untuk menghindari terjadinya kepadatan arus lalu lintas pemudik di ruas jalan tol, yang sudah mengalami peningkatan harian ke arah Trans Jawa sekitar 33 persen dari 'H-10' sampai dengan 'H-7'.

"Kebijakan diskon untuk menggunakan jalur tol sampai Kalikangkung itu akan berlaku sampai besok (Jumat) jam 05.00 pagi," kata Muhadjir usai meninjau kesiapan mudik di command center Km29 Cikarang Utama, Jawa Barat, Kamis 4 April 2024.

Muhadjir menyebut, pemudik memiliki waktu untuk memanfaatkan diskon tarif tol ini dari malam ini sampai esok pagi.

BACA JUGA:PUPR Sebut Diskon Tarif Tol Inisiasi BUJT, Cek Besaran Serta Ruas-ruasnya di Sini

Tahun ini diskon tarif tol kembali diberlakukan oleh pemerintah bersama pengelola jalan tol untuk memecah pergerakan masyarakat yang mudik maupun balik.

Diskon tarif tol sebesar 20 persen untuk mudik diberlakukan dari tanggal 3 sampai 5 April dan arus balik dari tanggal 17-19 April.

"Kalau sudah siap sebaiknya berangkat mudiknya hari ini sampai nanti malam memanfaatkan diskon. Dan juga menghindari terjadinya kemacetan-kemacetan pada saat puncak mudik yang diperkirakan antara tanggal enam sampai delapan sehingga besok pagi hari terakhir," tuturnya. 

Selain mendapatkan diskon tarif tol, perjalanan mudik lebih awal juga terhindar dari rekayasa lalu lintas yang diberlakukan Korlantas Polri mulai tanggal 5 April.

BACA JUGA:Asyik! Diskon Tarif Tol Di Trans Sumatera Diberlakukan Besok

"Sekali lagi saya minta untuk memanfaatkan pemotongan harga tarif tol yang berlaku sampai besok pagi sampai jam lima," ujar Muhadjir berharap.

Sementara itu, Korlantas Polri mencatat terjadi peningkatan arus lalu lintas harian di ruas jalan tol arah Tran Jawa sebesar 33 persen. 

Namun, jika dibandingkan dengan momen mudik tahun 2023 pada hari yang sama (H-6) jumlahnya masih normal, belum ada peningkatan.

"Jadi apabila dibandingkan dengan peningkatan arus dengan tahun sebelumnya di hari yang sama itu masih dalam batas normal walaupun sudah terjadi peningkatan arus," kata Direktur Penegak Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Pol. Raden Slamet Santoso.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: