Sempat Macet, Eskalator Peron 11 dan 12 di Stasiun Manggarai Kini Kembali Berfungsi

Sempat Macet, Eskalator Peron 11 dan 12 di Stasiun Manggarai Kini Kembali Berfungsi

Sempat Macet, Eskalator Peron 11 dan 12 di Stasiun Manggarai Kini Kembali Berfungsi--

FIN.CO.ID- Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan memastikan eskalator di Stasiun Manggarai sudah dapat dioperasikan untuk kembali melayani penumpang. 

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Jakarta (BTP Jakarta), Ferdian Suryo Adhi Pramono pasca dilakukan perbaikan sebagai hasil tindak lanjut dari Uji Pemeriksaan terhadap sejumlah eskalator Stasiun Manggarai pada hari Rabu, 13 Maret 2024. 

Ferdian juga menyebutkan bahwa Uji Pemeriksaan dilaksanakan agar mengetahui secara menyeluruh terkait perbaikan yang dibutuhkan agar dapat memastikan eskalator dapat berfungsi secara maksimal. 

BACA JUGA:

“Kami telah menindaklanjuti arahan dari hasil Uji Pemeriksaan yang dilakukan bekerjasama dengan pihak Perusahaan Jasa Kesehatan dan Keselamatan Kerja (PJK3) yang terdaftar di Kementerian Tenaga Kerja, dan saat ini eskalator sudah difungsikan kembali,” tutur Ferdian dalam keterangan resminya kepada wartawan pada Kamis, 14 Maret 2024. 

Ada beberapa aktivitas yang telah dilakukan sebagai bentuk tindak lanjut dari hasil Uji Pemeriksaan yang merupakan komponen-komponen penggerak eskalator. 

PJK3 juga menyarankan agar operator dapat memperhatikan perawatan secara berkala serta mengatur kapasitas flow penumpang yang menggunakan eskalator dimaksud. 

Pasca perawatan yang telah dilakukan, Ferdian berharap agar masyarakat pengguna jasa layanan kereta api yang beraktivitas di Stasiun Manggarai dapat terlayani dengan baik. 

BACA JUGA:

“Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang sempat dirasakan penumpang akibat adanya kegiatan perawatan ini,” ucap Ferdian. 

Sebagai antisipasi untuk kedepannya, Ferdian juga menyampaikan akan melakukan Uji Pemeriksaan terhadap seluruh perangkat lift & eskalator pada 6 stasiun, yakni Manggarai, Matraman, Jatinegara, Bekasi, Tambun, Cikarang yang masih dalam tanggung jawab BTP Jakarta. 

Kegiatan tersebut akan dilanjutkan dengan perawatan berupa overhaul atau rekondisi terhadap perangkat lift & eskalator yang membutuhkan perbaikan. 

“Persetujuan terkait anggaran perawatan tersebut telah disetujui minggu lalu dan akan segera kami tindaklanjuti dengan mekanisme yang berlaku dalam Pengadaan Barang atau Jasa Pemerintah,” katanya. 

Lebih lanjut Ferdian juga menyampaikan bahwa telah dilaksanakan pembahasan bersama PT KAI (Persero) dan PT KCI selaku operator terkait pengelolaan stasiun. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: