Konsumsi Gas LPG Diprediksi Meningkat Saat Ramadan dan Lebaran, Pertamina: Tenang, Stok Aman

Konsumsi Gas LPG Diprediksi Meningkat Saat Ramadan dan Lebaran, Pertamina: Tenang, Stok Aman

Kebutuhan Gas Elpiji dipastikan naik jelang Ramadan dan Idul Fitri-sabrina hutajulu-fin.co.id Diswaygrup

FIN.CO.ID - Pertamina Patra Niaga memastikan pasokan gas LPG baik ukuran 3 Kg (gas Melon) maupun 12 kg terjamin ketersediaannya saat Ramadan dan Lebaran.

Area Manager Communication, Relation, dan CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan mengatakan pihaknya memprediksi penggunaan gas LPG baik ukuran 3 kg maupun 12 kg akan mengalami kenaikan saat Ramadan.

Hal ini terjadi karena munculnya tren masyarakat untuk menyediakan menu berbuka puasa dan sahur.

"Jelang Ramadan biasanya tidak ada perubahan signifikan dari sisi konsumsi BBM. Namun untuk LPG biasanya ada kenaikan karena tren memasak masyarakat sedikit meningkat," ujarnya saat dihubungi fin.co.id, Disway Grup, kemarin.

Dijelaskan Eko, kenaikan kebutuhan LPG baik gas melon 3 kg maupun 12 kg secara signifikan akan terjadi jelang Idul Fitri atau Lebaran 2024.

Karenanya, jelang Idul Fitri pihaknya akan mengerahkan Satgas Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) untuk memastikan Penyaluran BBM dan LPG lancar dengan stok yang mencukupi.

BACA JUGA:

"Yang signifikan tingkat konsumsi BBM dan LPG biasanya nanti mendekati Idul Fitri, nanti terkait Satgas Ramadan kami umumkan kemungkinan besar di minggu ke dua ramadan," tandasnya.

Untuk diketahui, harga LPG 3kg (gas melon) di pengecer/warung berkisar Rp20.000 hingga Rp25.000 per tabung.

Sementara harga LPG non subsidi 5,5 kg di tingkat Agen Resmi Pertamina kini tercatat sudah sebesar Rp90.000 per tabung dan Rp192.000 untuk LPG 12 kg.(sabrina hutajulu)

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: