Suhartoyo Bertekad Kembalikan Kepercayaan Publik Terhadap MK

Suhartoyo Bertekad Kembalikan Kepercayaan Publik Terhadap MK

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Suhartoyo.-FIN/Antara-

FIN.CO.ID - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Suhartoyo bertekad untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga peradilan itu dalam rangka megawal konstitusi di Tanah Air. Sebelumnya, buntut putusan kontroversial terkait usia capres-cawapres pada Pilpres 2024.

"Dengan adanya pengawasan Majelis Kehormatan MK, MK akan berupaya mengembalikan kepercayaan publik," kata Ketua MK Suhartoyo di Padang, Jumat 8 Maret 2024.

BACA JUGA:

Dia mengatakan, pembentukan MKMK secara permanen hingga penguatan kelembagaan dengan melibatkan pihak luar mengontrol MK dalam mengawal konstitusi merupakan salah satu cara untuk mengembalikan kepercayaan publik. 

Di hadapan civitas academica Universitas Andalas, Sumatera Barat, Suhartoyo juga meminta mahasiswa, ikut aktif mengontrol lembaga peradilan itu apabila dalam menjalankan tugas terjadi kekeliruan.

"Hari ini MK mudah-mudahan sudah mulai berbeda dengan hari-hari kemarin ketika ada proses yang menuju kepada penurunan kepercayaan," ujar Suhartoyo.

Dia mengatakan, dalam perspektif kebangsaan, MK bertugas memberikan perlindungan hak konstitusional kepada setiap warga negara. Maka itu, kata dia, MK akan terus berupaya mengembalikan muruah lembaga terutama kepercayaan publik yang sempat menurun.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: