Resmikan Kantor Baru Satgas, LPDB-KUMKM Perkuat Kolaborasi, Inovasi, dan Pertumbuhan Ekosistem Koperasi di Jabar

Resmikan Kantor Baru Satgas, LPDB-KUMKM Perkuat Kolaborasi, Inovasi, dan Pertumbuhan Ekosistem Koperasi di Jabar

Acara Peresmian Kantor Satuan Tugas (Satgas) LPDB-KUMKM Wilayah Provinsi Jawa Barat, di Kota Bandung, Jumat (1/3)--

Dengan adanya perkuatan permodalan kepada koperasi tersebut, Rachmat berharap kinerja usaha UMKM bisa semakin meningkat dan naik kelas. "Terlebih lagi, banyak potensi sektor riil di Jawa Barat yang bisa dimanfaatkan," ujar Rachmat.

Rachmat mengakui, ekonomi kreatif terus meningkat di Jawa Barat, namun masih kekurangan bahan baku. "Saya berharap LPDB-KUMKM bisa membangun sektor riil melalui koperasi agar bisa mengolah bahan mentah menjadi bahan baku yang dibutuhkan banyak UMKM di Jawa Barat," ungkap Rachmat.

Kurasi UMKM

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan Provinsi Jawa Barat Heru Pudyo Nugroho menyambut baik keberadaan Kantor Satgas LPDB-KUMKM Wilayah Jawa Barat di lingkungan Kantor Wilayah Perbendaharaan Jawa Barat, yang merupakan salah satu tempat cagar budaya (heritage) di Bandung.

"Selain bertugas menyalurkan alokasi APBN ke daerah, kami juga memiliki tugas dalam menopang pertumbuhan ekonomi daerah. Diantaranya, memberdayakan UMKM," kata Heru.

Kemenkeu, lanjut Heru, sudah banyak melakukan pemberdayaan dengan melakukan kurasi UMKM, klinik ekspor, hingga sosialisasi pajak. "Kita menyadari betul bahwa UMKM merupakan tulang punggung ekonomi daerah, juga nasional," kata Heru.

Heru berharap, dengan adanya LPDB-KUMKM bisa melengkapi tugas Kemenkeu dalam mengkurasi pelaku UMKM, khususnya di Jabar, dari berbagai sisi. Selain mendukung permodalan, LPDB-KUMKM juga bisa menjadi sarana bimbel (bimbingan belajar) bagi UMKM agar naik kelas.

"Kita sudah ada KUR dan Ultra Mikro atau UMi. Kini, semakin lengkap dengan adanya perkuatan penyaluran dana bergulir dari LPDB-KUMKM," ucap Heru.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Admin

Tentang Penulis

Sumber: