Catat! 9 Jenis Penyakit Rematik yang Wajib Kamu Ketahui

Catat! 9 Jenis Penyakit Rematik yang Wajib Kamu Ketahui

Waspada! 9 Jenis Penyakit Rematik Yang Perlu Kamu Ketahui -FIN/FREEPIK-

FIN.CO.ID- Penyakit rematik adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan berbagai kondisi yang menyebabkan peradangan, nyeri, dan gangguan pada sistem muskuloskeletal, termasuk otot, sendi, tulang, dan jaringan lunak di sekitarnya.

Ternyata penyakit rematik banyak jenisnya yang jarang diketahui masyarakat umum. Nah, berikut akan kami sampaikan 9 jenis penyakit rematik yang perlu diketahui dan bahayanya. 

Berikut adalah 9 jenis penyakit rematik yang umum:

1. Osteoarthritis

Merupakan jenis penyakit rematik yang paling umum. Terjadi ketika tulang rawan yang melapisi ujung tulang di dalam sendi rusak atau aus, menyebabkan rasa sakit, kaku, dan kekakuan sendi.

2. Rheumatoid arthritis

Merupakan penyakit autoimun di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sendi, menyebabkan peradangan kronis, kerusakan sendi, dan deformitas.

BACA JUGA:

3. Lupus

Merupakan penyakit autoimun yang dapat mempengaruhi berbagai bagian tubuh, termasuk sendi, kulit, ginjal, otak, dan organ lainnya.

4. Gout Artritis (encok)

Disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di dalam sendi, yang menyebabkan peradangan akut dan nyeri hebat, terutama di sendi kaki, seperti jempol kaki.

5. Fibromyalgia

Merupakan kondisi yang menyebabkan nyeri otot dan kelelahan kronis, sering kali terjadi di seluruh tubuh.

BACA JUGA:

6. Spondyloarthritis

Sebuah kelompok penyakit yang meliputi beberapa kondisi, termasuk ankylosing spondylitis, psoriatic arthritis, dan beberapa bentuk artritis lainnya yang mempengaruhi tulang belakang dan sendi besar.

7. Polimialgia rheumatika

Sebuah kondisi yang menyebabkan nyeri dan kekakuan otot, terutama di daerah bahu dan pinggul.

8. Sjögren's syndrome

Sebuah penyakit autoimun yang mempengaruhi kelenjar yang memproduksi air mata dan air liur, menyebabkan mata dan mulut kering.

9. Polimiositis Dan Dermatomiositis

Merupakan penyakit inflamasi otot yang menyebabkan nyeri, kelemahan otot, dan kadang-kadang ruam kulit.

Beberapa jenis vasculitis

Ini adalah kondisi di mana pembuluh darah mengalami peradangan, yang dapat menyebabkan berbagai gejala, termasuk nyeri sendi.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mega Oktaviana

Tentang Penulis

Sumber: