Penyebab Gusi Bengkak dan Cara Mengatasinya

Penyebab Gusi Bengkak dan Cara Mengatasinya

air lemon berkhasiat meredam gusi bengkak--

FIN.CO.ID - Pernah mengalami gusi bengkak? Masalah ini tentu akan sangat mengganggu, mulai dari saat makan bahkan hingga tidur. Nah sebelum membahas tentang cara mengobati gusi bengkak, ada baiknya untuk mengetahui apa saja faktor yang bisa menjadi penyebab gusi bengkak.

Gusi yang bengkak biasanya ditandai dengan bagian gusi yang mengalami pembesaran, menonjol, dan menggelembung. Kondisi ini merupakan tanda awal dari peradangan gusi yang bersifat kronis. Bila mengalami kondisi yang demikian, perlu bagi Anda untuk dapat segera mengatasinya.

BACA JUGA:

Gusi bengkak disebabkan oleh beberapa hal. Apa saja itu?

1. Sisa-sisa Makanan

Sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan dengan baik dan tertinggal di sela-sela antara gigi dan gusi akan mengundang kuman dan bakteri masuk. Bila terus dibiarkan, bakteri dan kuman akan menumpuk sehingga menyebabkan gusi bengkak.

2. Hormon

Gusi bengkak karena pengaruh hormon seringkali terjadi pada perempuan, khususnya dalam kondisi hamil. Perubahan kadar hormon karena kehamilan merupakan penyebab utamanya, dan biasanya hanya bersifat sementara.

3. Obat-obatan

Beberapa jenis obat ternyata dapat menjadi penyebab gusi membengkak. Contohnya obat menurunkan tekanan darah. Obat ini menyebabkan pertumbuhan berlebih pada jaringan gusi sehingga mengakibatkan pembengkakan.

4. Iritasi

Iritasi terjadi karena reaksi alergi terhadap bahan-bahan tertentu yang terkandung pada makanan, minuman, pasta gigi atau produk-produk mulut lainnya. Reaksi alergi akan menyebabkan jaringan gusi menjadi merah dan kemudian membengkak. Pada kondisi yang lebih serius, bisa menyebabkan gusi berdarah.

5. Tumpukan Plak dan Karang Gigi (Kalkulus)

Plak sendiri merupakan lapisan lunak yang tidak terlihat, dan melekat erat pada permukaan gigi yang dibentuk oleh bakteri pada mulut. Plak muncul ketika Anda tidak rajin menjaga kesehatan mulut. Akibatnya akan menimbulkan zat berwarna kuning pada gigi. Sementara karang gigi adalah plak yang terkalsifikasi atau mengeras. Apabila menumpuk dan tidak dibersihkan, bisa jadi mengakibatkan peradangan pada gusi.

6. Kurang Vitamin

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan gusi Anda membengkak. Untuk diketahui, vitamin ini membantu menguatkan jaringan ikat seperti gusi.

Setelah mengetahui penyebab utama pembengkakan pada gusi, Anda juga perlu memahami cara alami untuk meredakan gusi bengkak.

1. Kumur dengan Air Garam

Cara pertama adalah berkumur dengan air yang bercampur garam atau air asin. Siapkan segelas air hangat dan tuangkan satu sendok garam ke dalamnya lalu aduk hingga rata. Kandungan garam mampu mencegah serta mengurangi pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan pembengkakan.

2. Ramuan Herbal

Beberapa herbal dan rempah-rempah, seperti kunyit, lada hitam, cengkeh bisa kamu buat menjadi ramuan untuk mengobati gusi bengkak secara alami. Caranya cukup dengan mencampurkan bubuk rempah pilihan dengan sedikit air hangat hingga tercampur rata. Oleskan hasil campuran ke gusi hingga sakit mereda, lalu bilas dengan air. Ulangi hingga merasa lebih baik.

3. Teh Celup

Siapkan sekantong teh segar dan rendam dalam air mendidih hingga 5 menit. Saat kantong teh tersebut sudah agak dingin, tempelkan langsung ke gusi yang bengkak kurang lebih selama 5 menit. Pilihlah teh dengan kandungan zat tanin yang tinggi, seperti teh hitam dan teh hijau. Alternatif lainnya adalah memilih teh yang mengandung ramuan anti-inflamasi, seperti jahe, dan bunga chamomile.

4. Berkumur dengan Air Lemon

Cara alami lainnya untuk mengobati gusi bengkak yang bisa kamu coba di rumah adalah menggunakan air lemon. Buah ini mengandung asam yang berguna sebagai alkali alami untuk menyeimbangkan kadar pH di dalam mulut.  Caranya mudah, cukup peras satu buah lemon dan campurkan dengan segelas air hangat. Kemudian, berkumurlah dengan air lemon tersebut. Lakukan sebanyak 3 kali sehari.

Sebagai informasi, gusi yang sehat memiliki warna merah muda, stabil, tidak goyah saat disentuh dan memiliki tekstur berbintik-bintik seperti kulit jeruk.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Eko Nugros

Tentang Penulis

Sumber: