5 Cara Menabung yang Benar agar Uang Mudah Terkumpul

5 Cara Menabung yang Benar agar Uang Mudah Terkumpul

Ilustrasi cara menabung yang benar--Freepik

3. Mengumpulkan dan Menyimpan Uang kembalian

Mengumpulkan uang kembalian berbentuk recehan dapat digunakan untuk belanja barang dengan nilai yang besar.

Misalnya saja, uang kembalian setelah belanja di supermarket, jika dikumpulkan dapat digunakan untuk membeli kopi dan makan siang. Dengan begitu Anda bisa menghemat pengeluaran lifestyle dan berhasil menyelamatkan alokasi uang tabungan. Uang receh ini secara tidak langsung akan membantu Anda mengurangi penggunaan kartu debit dan kartu kredit untuk membayar sebuah lifestyle.

BACA JUGA:

4. Membuat Rekening Pisah

Memisahkan rekening simpanan dengan rekening harian sangat penting untuk dilakukan. Dengan memisahkan rekening tabungan, Anda telah menyelamatkan uang untuk dipakai dalam keadaan darurat di kemudian hari.

Anda dapat memilih jenis rekening yang khusus tabungan.  Dengan menggunakan rekening khusus tabungan, banyak kemudahan dan keuntungan yang dirasakan.

5. Menetapkan Tujuan Menabung

Jangan hanya menyisihkan uang saja, namun tentukan tujuan Anda dalam menabung. Mulai menabung untuk hal-hal yang Anda sukai terlebih dahulu. Misalnya untuk pergi travelling, ibadah haji, atau untuk membeli sesuatu. Saat kebiasaan menabung telah berhasil terbentuk, akan lebih mudah menetapkan tujuan.

Tujuan membuat strategi menabung Anda semakin jelas dan terarah. Anda dapat membuat tujuan menabung jangka pendek dan jangka panjang. Ketika tujuan sudah terbentuk, Anda tinggal menyesuaikan dengan jenis tabungan yang diambil.

Demikian informasi cara menabung yang benar, semoga bermanfaat untuk kalian semua.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: