5 Cara Menabung yang Benar agar Uang Mudah Terkumpul

5 Cara Menabung yang Benar agar Uang Mudah Terkumpul

Ilustrasi cara menabung yang benar--Freepik

FIN.CO.ID - Sampai saat ini apakah kalian masih kesulitan untuk mengumpulkan uang? mungkin cara menabung kalian belum benar.

Menabung sangat penting untuk dilakukan agar bisa mencapai tujuan finansial yang diinginkan seperti beli rumah, HP, mobil, dan lain-lain.

Selain membeli barang yang diinginkan, menabung bisa dimanfaatkan saat mengatasi urgensi tinggi atau membutuhkan uang darurat.

Untuk bisa menabung yang benar kalian harus konsisten lalu memiliki rencana anggaran yang ketat, potong pengeluaran yang tidak penting, dan masih banyak lainnya.

Berikut ini akan membagikan cara menabung uang yang benar seperti dilansir dari berbagai sumber.

BACA JUGA:

Cara Menabung yang Benar

1. Mengatur Automatic Debit ke Rekening Tabungan

Menabung dengan transfer otomatis merupakan cara yang efektif, kalian harus transfer gaji 10 persen secara auto debet ke rekening tabungan.

Dengan begitu, kalian tidak akan memiliki alasan lupa menabung. Hal ini untuk menghindari Anda tergoda untuk membelanjakan pendapatan sebelum dimasukkan ke dalam tabungan.

Tetapkan jumlah transfer dan tanggal transfer secara konsisten yang langsung dialihkan ke rekening tabungan. Dengan menerapkan cara ini. Kalian telah belajar untuk disiplin menabung dengan cara mudah.

2. Mulai dari Jumlah Kecil Terlebih Dahulu

Menabung sebaiknya dimulai dari jumlah yang kecil terlebih dahulu namun rutin dilakukan.

Tidak banyak orang bisa menabung dalam jumlah yang besar, oleh karena itu mulailah dari yang kecil.

Jika Anda belum terbiasa dengan alokasi tabungan adalah 20% dari gaji, bisa memulai dengan 2% dari gaji. Namun, pastikan bahwa persentasenya naik setiap bulan hingga mencapai minimal 20% dari gaji.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: