27 Januari Hari Holocaust: Pembantaian Nazi Terhadap Jutaan Yahudi di Polandia

27 Januari Hari Holocaust: Pembantaian Nazi Terhadap Jutaan Yahudi di Polandia

Isi Pidato Hitler Soal Israel--

FIN.CO.ID- Sejarah hari ini tanggal 27 Januari adalah sebuah peristiwa mengerikan yang belum pernah terjadi sebelumnya sepanjang sejarah kehidupan manusia di bumi. Ya, hari ini 27 Januari dikenal sebagai hari Holocaust. 

Holocaust adalah sebuah peristiwa genosida yang terjadi pada masa Perang Dunia II yang dilakukan oleh rezim Nazi Jerman di bawa pemimpin Adolf Hitler pada tahun 1941 hingga 1945.

Jerman dan sekutunya sekutunya melakukan pembunuhan sistematis terhadap lebih dari enam juta orang Yahudi, serta jutaan orang lain, termasuk Roma, homoseksual, penyandang disabilitas, dan kelompok minoritas lainnya di Polandia. 

BACA JUGA:

Hingga pada tanggal 27 Januari 1945, pasukan Soviet membebaskan kamp konsentrasi Auschwitz-Birkenau di Polandia. 

Auschwitz adalah kamp konsentrasi dan pemusnahan terbesar yang dibangun oleh Nazi Jerman. Jutaan oran Yahudi dibunuh di sana, termasuk warga Polandia dan minoritas lainnya. 

Pembebasan Auschwitz-Birkenau merupakan momen penting dalam sejarah Holocaust. Hal ini menunjukkan bahwa Nazi Jerman akhirnya mulai kehilangan perang dan bahwa korban Holocaust akan dibebaskan.

Pada tahun 2005, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan tanggal 27 Januari sebagai Hari Peringatan Holocaust Internasional. 

BACA JUGA:

Hari ini diperingati setiap tahun untuk mengenang para korban Holocaust dan untuk melawan intoleransi dan diskriminasi.

Peringatan Hari Holocaust Internasional biasanya diadakan di berbagai tempat di dunia oleh kaum Yahudi dan Duta Besar Israel. Namun, di Indonesia perayaan ini tidak ada, sebab Israel tidak punya hubungan diplomatik dengan Indonesia. Di Indonesia juga hanya sedikit kelompok Yahudi. 

Peringatan Hari Holocaust Internasional adalah kesempatan untuk mengenang para korban Holocaust dan untuk belajar dari peristiwa mengerikan ini. (*) 

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: