News

Arief Poyuono Dua Kali Buat Polling Pilpres 2024, Hasilnya Anies-Muhaimin Unggul Telak

FIN.CO.ID- Kader Partai Gerindra Arief Poyuono membuat polling capres melalui akun X miliknya sebanyak dua kali. Hasilnya, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) unggul telak dari paslon lain. 

Polling pertama, dibuat Arief Poyuono pada 30 Desember 2023. Polling kedua dibuat pada Selasa 2 Januari 2024. Arief sendiri punya pengikut di X sebanyak 23 ribu lebih pengikut.  

"@prabowo & @gibran_tweet selalu menempati urutan pertama dalam tingkat keterpilihan di semua lembaga survei. Coba kita uji dgn polling pada netizen Twitter apakah ada korelasinya. Pasangan mana yg akan anda pilih pada pilpres 2024 nanti. Berikan alasan dan lokasi anda ya" tulis Arief Poyuono. 

BACA JUGA:

Polling pertama itu dibuat waktu selama 24 jam atau sehari dan diikuti oleh sebanyak 25.267 vote. 

Hasilnya, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar unggul dengan jumlah suara 71 persen. 

Posisi kedua pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan pemilih sebanyak 20 persen. Dan posisi ketiga Prabowo-Gibran sebanyak 6 persen. Dan 2 persen lainnya mengaku tidak memilih. 

Berikut, Arief Poyuono membuat Polling serupa kembali pada Selasa 2 Januari 2024.

"Masuk tahun 2024 kita coba lagi yuk suara netizen. Capres - Cawapres mana yang akan dipilih oleh sdr/sdri pada tanggal 14 Feb 2024 nanti? Berikan alasan dan lokasi anda tinggal kab apa kota apa. Selamat memilih" tulis Arief Poyuono.

BACA JUGA:

Polling inu masih berlangsung hingga dua hari ke depan. Namun, dari pantauan yang diliahat, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar unggu sementara 73 persen. 

Disusul Prabowo-Gibran unggul 11 persen dan Ganjar-Mahfud 10 persen. Sementara 6 persen lainnya mengaku tidak memilih. 

2 Lembaga Survei Ini Prediksi Prabowo vs Anies di Dua Putaran

Dua lembaga survei merilis hasil surveinya yang menempatkan elektabilitas pasangan calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan-Muaimin Iskandar (AMIN) alami kenaikan dan menggeser pasangan nomor urut 3 Ganjar Prabowo-Muhaimin Iskandar dari posisi kedua, dan turun ke posisi ke tiga. 

Dua lembaga survei itu yakni survei Indo Riset dan Survei Center for Strategic and International Studies (CSIS) Indonesia.

 Keduanya mengeluarkan hasil riset pada akhir Desember 2023 atau tepat pada Kamis 28 Desember 2023. Lantas seperti apa pemaparannya:

Survei Indo Riset

Lembaga survei Indo Riset menempatkan elektabilitas Prabowo-Gibran teratas dengan yakni sebesar 41%. Posisi kedua Anies-Cak Imin 28,3%, dan posisi buncit Ganjar-Mahfud 22,3%.

Survei Indo Riset dilakukan pada periode 18 hingga 23 Desember 2023 atau seminggu setelah debat capres yang diselenggarakan KPU. 

Sampel dipilih secara acak mempertimbangkan proporsi antara jumlah penduduk dengan distribusi sampel per provinsi, proporsi penduduk yang tinggal di pedesaan dan perkotaan, serta proporsi jenis kelamin laki-laki dan perempuan (50:50).

Jumlah sampel sebanyak 1.200 responden, diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat atau multistage random sampling. Margin of error +/- 2,8% pada tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Peneliti Indo Riset, Roki Arbi mengatakan, ada kenaikan elektabilitas pada pasangan nomor 1 Anies-Muhaimin. Sementara pasangan Ganjar-Mahfud justru alami penurunan.

2. Survei Center for Strategic and International Studies (CSIS) Indonesia

Lembaga survei Center for Strategic and International Studies (CSIS) Indonesia merilis hasil risetnya pascadebat capres cawapres putaran kedua. 

Hasilnya, pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul telak. 

CSIS menyebut, Prabowo-Gibran unggul sebesar 43,7 persen. Di posisi kedua pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebesar 26 persen. Posisi terakhir pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebesar 19,4 persen. 

Ketua Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS, Arya Fernandes mengatakan, dalam survei itu, masih terdapat 6,4 persen pemilih yang mengaku rahasia dan belum menentukan pilihan, dan 4,5 persen yang mengaku tidak tahu/tidak jawab. 

"Jadi ini peta yang kami dapatkan setelah debat pertama berlangsung. Ketiga calon masih ada waktu dan harapan untuk menentukan kerja politik, kedua situasi bisa aja ada perubahan tipis naik atau turun karena ada debat, jadi putaran debat masih ada 3 kali. Ketiga aktivitas mobilitas kampanye paslon," katanya saat memaparkan hasil survei yang disiarkan langsung di kanal YouTube CSIS, Rabu 27 Desember 2023.

Polling CSIS dilaksanakan secara nasional dengan tatap muka pada 13-18 Desember 2024.

Metode yang digunakan adalah "multistage random sampling" yang mempertimbangkan proporsi antara jumlah pemilih dan jumlah sampel pada setiap provinsi, berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah saat survei dilakukan. 

Proporsinya jenis kelamin perempuan-pria dan wilayah urban-rural, dengan "primary sampling" unit berada pada level desa/kelurahan.

Jumlah sampel sebesar 1.300 orang tersebar secara proporsional di 34 provinsi di Indonesia. "Margin of error";survei ini sebesar lebih kurang 2,7 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen. (*)

Admin
Penulis