Survei Terbaru Polling Institute: Elektabilitas Partai Gerindra Tertinggi Geser PDI Perjuangan

Survei Terbaru Polling Institute: Elektabilitas Partai Gerindra Tertinggi Geser PDI Perjuangan

Massa Partai Gerindra. (ist)--

FIN.CO.ID - Elektabilitas Partai Gerindra menempati posisi tertinggi dan menggeser PDI Perjuangan pada survei terbaru Polling Institute.

Peneliti Polling Institute Kennedy Muslim menyebut berdasarkan hasil survei lembaganya periode 15–19 Desember 2023, elektabilitas Partai Gerindra mencanpai 18,8 persen, menggeser posisi PDI Perjuangan yang berada di angka 17,7 persen.

“Elektabilitas partai ada pergerakan, ya, Gerindra sudah menyalip PDI Perjuangan,” ujarnya saat memaparkan hasil survei secara daring di Jakarta, Rabu, 27 Desember 2023.

Kennedy menyebut elektabilitas PDIP cenderung menurun sejak bulan Oktober 2023. Pada survei 1–3 Oktober, elektabilitas PDIP berada di angka 24,8 persen, menjadi 22,2 persen pada survei periode 25–28 Oktober, dan kembali menurun ke angka 21 persen pada survei periode 15–17 November.

Sebaliknya, elektabilitas Gerindra cenderung naik. Partai yang dinahkodai Prabowo Subianto itu mengalami peningkatan elektabilitas dari semula 14,7 persen pada survei periode 1–3 Oktober, menjadi 15,8 persen di periode 25–28 Oktober, dan 18,6 persen di periode 15–17 November.

Menurut Kennedy, kecenderungan tersebut terjadi karena manuver politik yang ditunjukkan PDIP pasca-pencalonan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, yang notabenenya kader PDIP, menjadi calon wakil presiden mendampingi Prabowo.

BACA JUGA:

Kennedy menjelaskan bahwa manuver tersebut secara tidak langsung berpengaruh terhadap migrasi pendukung Joko Widodo, ayah Gibran, dari PDIP menuju Partai Gerindra.

“Kalau dari hasil analisis saya pribadi dan melihat data-data selama ini, ini karena ada efek dari migrasi pendukung Jokowi. Apalagi dari Oktober hingga akhir November itu kan kita melihat memang serangan dari kelompok PDIP terhadap pencawapresan Gibran secara tidak langsung juga seringkali menyerang Jokowi itu punya efek kontraproduktif terhadap perolehan suara mereka,” kata dia.

Kendati begitu, Kennedy menjelaskan bahwa angka tersebut masih dalam rentang batas galat atau margin of error. Ia mengatakan selisih elektabilitas Partai Gerindra dan PDIP tidak begitu jauh.

“Margin of error survei ini ada di angka 2,9 persen, sedangkan selisih Gerindra dan PDIP di sini masih hanya 1,1 persen,” katanya.

Selain itu, ia juga mengingatkan bahwa survei yang dilakukan dengan metode wawancara telepon tersebut memiliki bias responden.

“Survei telepon ini kan bias dengan kalangan pendidikan tinggi, ya, meskipun telah dibobot. Sedangkan kita tahu bahwa pemilih PDIP itu wong cilik (rakyat kecil) atau pemilih dengan pendidikan rendah, sehingga mungkin sedikit ada bias,” ujarnya.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: