3 Polling Netizen di Media Sosial X Pascadebat: Prabowo-Gibran Keok, Anies dan Ganjar Bersaing

3 Polling Netizen di Media Sosial X Pascadebat: Prabowo-Gibran Keok, Anies dan Ganjar Bersaing

Polling Capres 2024--

FIN.CO.ID- Debat calon Presiden dan Calon Wakil Presiden 2024 telah berlangusng dua kali. Masihg-masing debat Capres 1 kali dan debat Cawapres 1 kali. 

Beberapa akun resmi media sosia X mencoba melakukan polling atau jejak pendapat pasca debat Cawapres perdana yang digelar pada Jumat 22 Desembar 2023 lalu. 

Hasil polling yang dilakukan di media sosial, berbeda jauh dengan hasil riset dari sejumlah lembaga survei yang selama ini menempatkan pasangan capres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka urutan teratas.

Akun X milik Iwan Fals misalnya. Pelantun 'Ibu' membuat polling melalui akun X miliknya @iwanfals sesaat setelah debat Cawapres pada 22 Desember 2023 lalu. 

Polling itu diikuti oleh 86.828 suara. Sementara Iwan Fals sendiri mempunyai pengikut di X sebanyak 1 juta lebih. 

BACA JUGA:

Pada Polling yang dibuat oleh Iwan Fals, dirinya tidak menulis nama Capres Cawapres, hanya menggunakan nomor urut paslon. Yakni 1. 2. 3. 

Untuk diketahui, nomor 1 merupakan paslon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Kemudian nomor 2 adalah paslon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Selanjutnya nomor 3 adalah paslon Ganjar Pranowo-Mahfud MD. 

Dari polling yang dibuat Iwan Fals yang berlangsung 24 jam itu, paslon nomor 1 peroleh suara sebanyak 66,4 persen. Kemudian paslon paslon nomor 2 peroleh voting sebanyak 6,9 persen. Lalu paslon nomo 3 peroleh 36,7 persen suara netizen. 

Semantara akun Indonesia Lawyers Club milik jurnalis senior Karni Ilyas dengan pengikut sebanyak 886,9 ribu juga membuat polling atau jejak pendapat pasca debat cawapres. 

"Anda suda menyaksikan debat capres dan cawapres, dari hasil debat itu, palon mana yang dianggap paling unggul," tulis @ILCTalkshow.

BACA JUGA:

Polling tersebut juga berlangsung selama 24 jam atau sejak 22 Desember hingga 23 Desember 2023. 

Polling ILC ini diikuti oleh sebanyak 241.429 ribu votes. Hasilnya, Paslon nomor urut 3 Ganjar-Mahfud unggul sebesar 38 persen suara. Di posisi kedua, paslon Anies-Muhaimin unggul sebanyak 37 persen suara. Semantara Prabowo-Gibran unggul dengan peroleh 25 persen suara. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: