Kesehatan

3 Tips Menghindari Tidur Berlebihan yang Dapat Menyebabkan Kecelakaan

fin.co.id - 01/06/2024, 20:53 WIB

Sebanyak 16,5 persen kecelakaan fatal di jalan raya disebabkan pengemudi yang mengantuk, termasuk microsleep. Sumber foto: google

FIN.CO.ID - Microsleep  erupakan suatu fenomena dimana seseorang tidak sadar sedang melakukan aktivitas dan tiba-tiba tertidur dalam waktu beberapa menit.

Hal inilah yang menjadi penyebab banyaknya kecelakaan lalu lintas atau kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

Alodokter lansir 3 tips agar tidak tertidur saat berkendara agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas, simak dibawah ini:

1.  Istirahatlah saat mengantuk

Baca Juga

Langkah pertama agar tidak tertidur adalah dengan mengenal diri sendiri setiap kali merasa lelah dan cobalah untuk tidak melakukannya.

untuk menghindarinya Saat berkendara, ingatlah bahwa Anda tidak hanya dapat membahayakan keselamatan diri sendiri, tetapi juga orang lain jika terus menyalip.

Temukan tempat yang aman untuk berhenti dan tidur siang untuk menenangkan diri. Jangan mengandalkan stimulan seperti kafein untuk membuat Anda tetap terjaga.

Sebelum berkendara, hindari juga mengonsumsi obat-obatan yang dapat menyebabkan kantuk dan minuman beralkohol.

2.  Hindari mengemudi jika kurang tidur

Baca Juga

Untuk menghindari risiko bahaya akibat tidur singkat, sebaiknya jangan mengemudi atau mengoperasikan mesin jika Anda belum cukup tidur di malam hari.

Jika memungkinkan, biarkan orang lain yang melakukannya atau atur ulang rutenya.

Namun jika tidak memungkinkan, sebaiknya istirahat dulu.

Tidur siang selama sekitar 20 menit untuk mendapatkan kembali energi.

Anda juga bisa mencuci muka, melakukan peregangan ringan atau ngobrol dengan rekan kerja untuk menghilangkan rasa ngantuk.

3.  Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas

Tidur yang cukup dan memulihkan sekitar 7 hingga 8 jam setiap malam penting untuk kesehatan dan keselamatan Anda sendiri.

Noerma Puspita
Penulis
-->