7 Cara Menghilangkan Sakit Kepala Tanpa Minum Obat

7 Cara Menghilangkan Sakit Kepala Tanpa Minum Obat

ilustrasi cara menghilangkan sakit kepala--bodrex.com

Kurang tidur dapat mengganggu kesehatan hingga membuat sakit kepala.

Maka dari itu  perbaiki pola tidur Anda juga menjadi salah satu cara menghilangkan sakit kepala. Selain itu, memiliki pola tidur yang cukup juga dapat mencegah sakit kepala di masa mendatang.

4. Melakukan Pijatan

Cara lain menghilangkan sakit kepala dengan memijat area sekitar kepala, leher, serta pelipis. Memberikan pijatan membantu otot Anda untuk rileks dan membantu meredakan sakit kepala tegang. Anda dapat menggunakan jari telunjuk atau ibu jari untuk memijatnya. Lakukan pijatan selama beberapa kali hingga rasa sakit berkurang.

5. Kompres Dingin

Kompres dingin dapat digunakan untuk mengurangi gejala sakit kepala. Kompres dingin yang ditempelkan di daerah leher atau kepala dapat mengurangi peradangan, memperlambat konduksi saraf dan menyempitkan pembuluh darah. 

Semua manfaat itu dapat membantu mengurangi sakit kepala. Cara menggunakannya sangat mudah, gunakan kantong kedap air yang diisi es batu kemudian bungkus dengan handuk lembut. Setelah itu, oleskan kompres ke bagian belakang leher, kepala atau pelipis untuk menghilangkan sakit kepala. Lakukan langkah tersebut dalam waktu 10-15 menit.

6. Kompres Hangat

Gunakan kompres hangat dianggap dapat membantu meredakan sakit kepala. Kompres hangat akan membantu mengurangi rasa nyeri dan meredakan tegang otot yang terjadi akibat sakit kepala. Anda bisa menggunakan bantalan pemanas (heating pad) dan menempelkannya ke leher atau bagian belakang kepala. 

Namun, jika Anda tidak memiliki heating pad, Anda bisa menggunakan handuk hangat yang direndam dalam air hangat. Selain dengan mengompres, Anda juga bisa mandi atau berendam dengan air hangat untuk dapat menghilangkan sakit kepala.

7. Minum Teh Hangat

Minum teh bisa membantu meredakan gejala saat mengalami sakit kepala. Kandungan ini dapat meningkatkan suasana hati, meningkatkan kewaspadaan dan menyempitkan pembuluh darah yang semuanya memberikan efek positif pada gejala sakit kepala. 

Meski demikian, Anda perlu memperhatikan kandungan kafein yang Anda konsumsi. Karena mengonsumsi kafein dalam jumlah banyak juga dapat memicu gejala sakit kepala.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: