Brand Lokal Nicoles Natural Eksis di BRILIANPRENEUR 2023 ini, Begini Keseruannya

Brand Lokal Nicoles Natural Eksis di BRILIANPRENEUR 2023 ini, Begini Keseruannya

--

FIN.CO.ID- Nicoles Natural merupakan brand asal Bandung, Jawa Barat, yang berkomitmen untuk mendukung gaya hidup yang berkelanjutan.

Brand ini memiliki empat lini produk, yakni peralatan makan dari kayu, healty food, aromatherapy dari bahan natural, serta face and body product dari bahan alami. 

Pada pameran UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 ini, Nicoles Natural membawa lini produk alat makan dari kayu untuk dipamerkan dan dipasarkan.

Cathy Alexandra, pendiri Nicoles Natural, mencoba mengisi ceruk pasar tersebut sejak 2017.

Cathy mengatakan saat ini peminat produk berbahan dasar kayu terbilang tinggi. 

“Karena ini [produk ramah lingkungan] booming. Nicoles Natural didirikan pada 2012 dan sejak 2017 kami mulai fokus ke produk berbahan kayu,” katanya saat ditemui di sela acara UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023, Jumat 8 Desember 2023.

“Spesialis kami banyak di produk sendok dari kayu. Ini ada marketnya sendiri, orang lebih sadar gaya hidup sehat dan mulai beralih ke produk natural. Kayu-kayu yang kami pakai ini juga bersertifikasi. Semua ambil dari Perhutani,” katanya. 

Produk alat makan yang dipasarkan Nicoles Natural mulai dari set sendok makan, sendok madu, sumpit, garpu, centong nasi, hingga sedotan. Harganya terbilang kompetitif, mulai dari 12 ribu untuk set sendok ukuran kecil. Produk Nicoles Natural sendiri menjadi salah satu merchandise resmi MotoGP Indonesia 2022 di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dia menjabarkan bahwa bisnis yang dia tekuni terbilang menjanjikan. Satu indikatornya adalah pergeseran target pasar. Pada awalnya, segmentasi umur produknya adalah usia 30 tahun ke atas atau sudah memiliki kecukupan secara finansial. 

Akan tetapi saat ini pasar yang dilayani semakin luas. “Anak muda sekarang lebih aware dengan go green. Sekarang anak muda [di bawah 30 tahun] banyak yang belanja juga,” katanya.

Ini kali kedua Nicoles Natural mengikuti pameran UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR. Tahun ini Nicoles mendapatkan kesempatan untuk buka booth sendiri. Pada 2022 lalu, produk Nicoles Natural baru mengisi area showcase di pameran tersebut. 

Dia pun menilai dukungan dari BRI melalui ajang seperti UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR akan meningkatkan skala bisnisnya. Dalam pameran UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR tahun ini, tak hanya konsumen ritel yang mengunjungi booth Nicoles Natural, tetapi juga konsumen partai besar. 

“Bukan cuma B2C, tapi B2B juga banyak. Mereka beli partai besar untuk kafe atau restoran. Ada juga yang mengajak combine dengan produk mereka,” kata Cathy. 

Nicoles Natural memiliki kapasitas produksi sendok kayu berukuran kecil antara 5 ribu hingga 10 ribu unit setiap bulan, dan sendok kayu berukuran besar sekitar beberapa ratus unit per bulan. Nilai penjualan dari produk-produk tersebut telah mencapai miliaran rupiah setiap tahun.  

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: