KPU Perbolehkan Diskusi saat Debat, Tapi yang Bisa Jawab hanya Capres atau Cawapres

KPU Perbolehkan Diskusi saat Debat, Tapi yang Bisa Jawab hanya Capres atau Cawapres

Jadwal Lengkap Debat Capres dan Cawapres 2024, disiarkan di seluruh saluran-#news #nasional-

Debat kedua digelar pada 22 Desember dengan tema pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional.

Debat ketiga diselenggarakan pada 7 Januari dengan tema ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital, kesejahteraan sosial, investasi, perdagangan, pajak, infrastruktur, keuangan, dan pengelolaan APBN.

Debat keempat pada 21 Januari 2024 dengan tema energi, sumber daya alam, pajak karbon, pangan, lingkungan hidup, dan agraria serta masyarakat adat.

Terakhir, debat kelima pada 4 Februari mengusung tema teknologi informasi, peningkatan pelayanan publik, hoaks, intoleransi, pendidikan, kesehatan, dan ketenagakerjaan.

Sebelumnya, Tim pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), mengaku siap dengan tantangan debat capres menggunakan bahasa Inggris.

Adapun usulan debat capres cawapres menggunakan bahasa Inggris itu disampaikan oleh Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Sumatera Barat (Sumbar), Andre Rosiade. 

Juru Bicara Timnas AMIN, Billy David Nerotumilena mengatakan pasangan AMIN justru diuntungkan ketika ada tantangan debat dengan penggunaan bahasa Inggris.

"Kalau itu (debat dengan bahasa Inggris) malah kami senang," kata Billy di Jakarta, Selasa 5 Desember 2023.

Billy mengatakan bahwa Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sudah mempersiapkan jauh-jauh hari untuk debat capres-cawapres nanti.

BACA JUGA


Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI nomor urut 1 Anies Baswedan (dua kiri) dan Muhaimin Iskandar (dua kanan) didampingi Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari (kanan) dan anggota KPU RI Idham Holik (kiri) berfoto bersama saat Rapat -ANTARA FOTO/Galih Pradipta-

Meski demikian, Billy mengatakan, pihaknya tetap menunggu keputusan dari pihak penyelenggara yaitu Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Apapun yang diputuskan oleh KPU selama itu merujuk pada ketentuan yang berlaku, maka akan kami ikuti," katanya.

Ia menambahkan ketika ada inovasi menggunakan bahasa Inggris saat debat, maka paslon AMIN dipastikan siap, dan bahkan justru menguntungkan paslon nomor urut 1.

Sebelumnya, Andre Rosiade, mengusulkan debat capres-cawapres ada yang menggunakan bahasa Inggris. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: