KPU Perbolehkan Diskusi saat Debat, Tapi yang Bisa Jawab hanya Capres atau Cawapres

KPU Perbolehkan Diskusi saat Debat, Tapi yang Bisa Jawab hanya Capres atau Cawapres

Jadwal Lengkap Debat Capres dan Cawapres 2024, disiarkan di seluruh saluran-#news #nasional-

fin.co.id - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari mengatakan calon presiden (capres) akan sepenuhnya berbicara selama debat khusus capres; begitu juga saat debat khusus cawapres, yang akan berdebat penuh adalah cawapres.

Namun demikian, lanjut Hasyim, KPU mempersilakan setiap pasangan calon (paslon) untuk berdiskusi terlebih dahulu sebelum berbicara dalam debat masing-masing.

"Soal beliau berdiskusi atau tidak kan urusan capres-cawapres; yang bicara saat debat capres, ya, capres yang bicara. Saat debat cawapres, yang bicara itu, ya, cawapres," kata Hasyim dalam konferensi pers usai rapat koordinasi dengan tim kampanye tiga pasangan calon peserta Pilpres 2024 di Jakarta, Rabu 6 Desember 2023.

Hasyim mengatakan dalam setiap pelaksanaan debat capres-cawapres nanti, semua paslon akan saling mendampingi.

"Intinya hadir, pasangan calon hadir. Kemudian, soal nanti tampilnya didampingi atau tidak, nanti kami bicarakan bagaimana," tambahnya.

BACA JUGA:KPU RI Bungkam Soal Kebocoran DPT Pemilu 2024

Hasyim menegaskan bahwa saat debat capres, maka yang diperbolehkan berbicara adalah capres saja dan juga berlaku sebaliknya. 

Terkait posisi capres, ketika cawapres sedang berdebat, ialah berada di samping cawapres.

"Tetapi, intinya, yang bicara boleh dikatakan sepenuhnya kalau debat capres, ya, sepenuhnya capres. Kalau cawapres, sepenuhnya cawapres. Namanya didampingi, ya, di sebelahnya kan," tegasnya.

Selanjutnya, KPU akan menyusun pedoman teknis debat secara tertulis dan menyampaikan ke masing-masing tim paslon.

"Pedoman teknis sudah ada. Nanti soal alur dan segala macam dalam 120 menit itu seperti apa, tadi sudah kami bahas. Nanti, secara tertulis, teknisnya akan kami susun dan kami sampaikan kepada masing-masing tim pasangan calon supaya masing-masing pasangan calon mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik," ujarnya.

BACA JUGA:Debat Capres Cawapres Belum Jelas, Timnas AMIN: KPU Malah Tidak Respons

Hasyim menjelaskan debat pertama, ketiga, dan kelima merupakan debat capres; sedangkan debat kedua dan keempat ialah debat antarcawapres.

Debat pertama akan dilaksanakan pada tanggal 12 Desember dengan tema hukum, hak asasi manusia (HAM), pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: