Nomor Urut Capres Cawapres 2024: 1 Anies - Muhaimin, 2 Prabowo - Gibran, 3 Ganjar - Mahfud

Nomor Urut Capres Cawapres 2024: 1 Anies - Muhaimin, 2 Prabowo - Gibran, 3 Ganjar - Mahfud

Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo berpose di Istana Merdeka Jakarta, usai menghadiri santap siang bersama Presiden RI Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta, Senin (30/10/2023). -ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak-

"Pilihlah Amin, Amin, Amin!" timpal pendukung Anies-Muhaimin.

Sementara itu, pasangan calon presiden-wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sedang menikmati jamuan malam di dalam Gedung KPU RI.

Prabowo-Gibran tiba di Gedung KPU RI sekitar pukul 18.41 WIB, lalu disusul Anies-Muhaimin yang tiba pada pukul 18.53 WIB dan terakhir Ganjar-Mahfud datang pada pukul 18.57 WIB.

Prabowo-Gibran mengenakan baju bernuansa biru muda, sedangkan Ganjar mengenakan kemeja berwarna hitam dan Mahfud berwarna putih, serta Anies-Muhaimin kompak mengenakan baju putih dan bawahan hitam.

Malam ini, akan dilangsungkan pengundingan nomor urut pasangan ngan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) peserta Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Mekanisme pengundian nomor urut pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2024 dibebeberkan aggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Idham Kholik.

Dijelaskannya mekanisme pengundian nomor urut pasangan capres-cawapres peserta Pemilu 2024 dilakukan dua tahap.

Tahap pertama, adalah pengambilan nomor antrean sesuai dengan urutan waktu pendaftaran bakal calon presiden dan calon wakil presiden.

"Yang waktu itu dilaksanakan (pada) tanggal 19 sampai dengan 25 Oktober (2023)," ucap Kepala Divisi Bidang Teknis KPU di Kantornya, Jakarta, Selasa, 14 November 2023.

BACA JUGA:

Hal ini berarti, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar akan mengambil nomor antrean terlebih dahulu, disusul Ganjar Pranowo-Mahfud Md. dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Setelah mereka mendaftarkan nomor antrean, baru mereka mengambil nomor undian sesungguhnya untuk penetapan nomor urut pasangan calon presiden dan wakil presiden," lanjut Idham.

Sebelumnya, KPU RI mengundang pasangan calon yang telah ditetapkan dan partai politik untuk melakukan pengundian nomor urut pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Selasa malam, pukul 18.30 WIB.

"Rencananya, tanggal 14 November 2023 itu dimulai pukul 18.30 WIB," ujar Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di Kantor KPU, Jakarta, Senin (13/11).

Ia menjelaskan KPU akan memulai kegiatan tersebut dengan gala dinner atau jamuan makan malam bersama pasangan calon presiden dan wakil presiden. Tak hanya itu, pimpinan partai politik yang mengusulkan pasangan calon presiden dan wakil presiden pun turut diundang.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: