Gibran Tak Hadir di Dialog Cawapres TV One: Saya Datang di Debat yang Resmi Saja

Gibran Tak Hadir di Dialog Cawapres TV One: Saya Datang di Debat yang Resmi Saja

Cawapres Nomor Urut 2, Gibran Rakabuming Raka -Youtube/MetroTV-

FIN.CO.ID- Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka tidak hadir dalam dialog interaktif calon wakil presiden (cawapres) yang digelar oleh TV One pada Rabu malam 6 Desember 2023.

Dialog dengan tema: 'Mencuri Hati Kawula Muda' itu, hanya dihadiri oleh dua calon wakil presiden Muhaimin Iskandar dan Mahfud MD. 

Gibran buka suara terkait dirinya tidak hadir dalam dialog tersebut. Wali Kota Solo ini mengatakan bahwa dia hanya akan hadir di debat resmi yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) 

“Saya datang yang debat resmi,” kata Gibran itu saat dia ditemui selepas acara deklarasi dukungan untuk Prabowo-Gibran dari Pergerakan Perempuan Muda Nahdliyin (Perdana) di Jakarta, Rabu 6 Desember 2023.

BACA JUGA:


Dialog Interaktif Cawapres, Muhaimin Iskandar vs Mahfud MD--Tangkapan layar TV One

Walaupun demikian, Gibran tidak menjelaskan lebih lanjut alasan untuk tidak hadir di acara debat di luar debat resmi KPU.

Di luar agenda debat capres-cawapres yang digelar oleh KPU, beberapa stasiun TV dan kelompok masyarakat juga menggelar acara debat untuk tiga pasangan capres-cawapres. 

Untuk hari ini, TVOne menggelar sesi debat yang dikemas dalam format dialog interaktif khusus untuk calon wakil presiden di Jakarta.

Dalam sesi itu, hanya ada dua calon wakil presiden yang hadir, yaitu cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD.

Beberapa warganet, terutama dari media sosial X, menyoroti tingkat partisipasi calon presiden dan calon wakil presiden dalam undangan debat terbuka yang digelar oleh komunitas, artinya bukan acara debat resmi oleh KPU RI.

BACA JUGA:

Terkait itu, beberapa pengguna media sosial X menilai capres-cawapres yang saat ini berkontestasi untuk pemilihan presiden (pilpres) sebaiknya juga menghadiri agenda debat di luar debat resmi KPU karena acara itu menjadi kesempatan masyarakat melihat langsung kompetensi dan kemampuan para pasangan calon untuk beradu gagasan dan visi misi.

Gibran Dianggap Penakut Karena Tak Punya Pengalaman

Sebelumnya, analis politik dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Agus Riewanto menilai, Gibran Rakabuming taku debat publik karena tidak berpengalaman. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: