Mahfud MD Klarifikasi Pernyataan Ganjar yang Berikan Nilai 5 untuk Penegakan Hukum Era Jokowi: Ada Upaya Belokan Persepsi

Mahfud MD Klarifikasi Pernyataan Ganjar yang Berikan Nilai 5 untuk Penegakan Hukum Era Jokowi: Ada Upaya Belokan Persepsi

Menkopolhukam Mahfud MD --Foto Instagram

FIN.CO.ID- Calon Wakil Presdein Mahfud MD mengklarifikasi pernyataan dari pasangannya Capres Ganjar Pranowo tekait penegakkan hukum di Indonesia dalam 5 tahun belakangan. Ganjar saat itu memberikan skor 5 dari 1 sampai 10 untuk penegakan hukum di era Jokowi-Maruf Amin. 

Menurut Mahfud MD, ada pihak yang sengaja membelokkan pernyataan itu dan menyalahkan Mahfud MD sebagai Menter Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamaan. 

"Ada upaya pembelokan persepsi ketika Mas Ganjar di Makassar mengatakan bahwa nilai penegakan hukum di Indonesia sekarang hanya 5 (skor 1 - 10). Lalu ada yang bilang bahwa itu tanggungjawab Menko Polhukam," kata Mahfud MD lewat media sosialnya, Senin 20 November 20023.

Menurut Mahfud MD, apa yang disampaikan Ganjar itu merupakan penegakan hukum saat ini setelah adanya pelanggaran etik oleh Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) yang meloloskan putra Presiden Jokowi Gibran Rakabuming Raka sebagai Cawapres dampingi Prabowo Subianto. 

BACA JUGA:


Ganjar Pranowo (kiri) berbincang dengan Mahfud MD (kanan) saat pertemuan dengan pekerja kreatif di Jakarta, Senin (23/10/2023).-ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat-

"Mas Ganjar bilang itu dalam konteks sekarang, yakni setelah tragedi vonis MK dan sanksi yang dijatuhkan MKMK," ujar Mahduf MD. 

Mahfud MD mengklaim, selama dirinya menjadi Menko Polhukam, penegakan hukum di Indonesia capai nilai tertinggi yakni 61,9 persen hingga November 2023. Hal itu berdasarkan hasil survei Litbang Kompas yang dilakukan belum lama ini. 

"Ada pun sebelum itu, sampai September 2023, berdasarkan hasil survei Litbang Kompas yang dirilis bulan September 2023, penegakan hukum reratanya bagus, mencapai 61,9 persen, angka terbaik yang diraih selama ini," tutur Mahfud MD. 

Bahkan, lanjut Mahfud MD, yang sangat spaktakuler pembangunan bidang Politik dan Keamanan, justeru melebihi tingkat rerata kepuasan terhadap pemerintah (74,3 persen) yakni Polkam mencapai 79,3 persen. 

BACA JUGA:

"Itu Menko Polhukamnya adalah saya. Silakan lihat hasil survei Litbang Kompas yang dirilis September tahun ini," tutur Mahfud MD. 

Dia kembali menjelaskan bahwa skor yang diberika oleh Ganjar Pranowo terhadap penegakam hukum di Indonesia adalah setelah adanya putusan MK terkait batas umut capres cawapres yang dinilai cacat moral.

"Jadi penilaian Mas Ganjar itu konteksnya jelas “sekarang ini", pasca tragedi panas di MK sesuai pertanyaan panelis di sana. Itu sama dengan statement saya 2 minggu sebelum vonis MK. Ingat, MK itu lembaga yudikatif yang independen, bukan di bawah Pemerintah," ujar Mahfud MD. 

Ganjar Pranowo beri Nilai 5 untuk Penegakan Hukum di Era Jokowi

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: