Firli Bahuri Minta Pemeriksaan Dewas KPK Setelah 8 November 2023

Firli Bahuri Minta Pemeriksaan Dewas KPK Setelah 8 November 2023

Ketua KPK Firli Bahuri-Antara/Reno Esnir-

FIN.CO.ID - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengajukan penundaan pemeriksaan dirinya  oleh Dewan Pengawas (Dewas) KPK setelah 8 November 2023.

"Pak Ketua KPK Pak Firli minta dijadwal ulang setelah tanggal 8 November," kata Anggota Dewas KPK Albertina Ho di Gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan, Jumat 27 Oktober 2023.

Firli awalnya hari ini akan diperiksa oleh Dewas KPK perihal pertemuannya dengan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, yang kini menyandang status tersangka dugaan korupsi yang perkaranya ditangani oleh KPK.


Ketua KPK Firli Bahuri dan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo--

Albertina juga mengatakan pihak Dewas KPK tidak mengetahui apa alasan Firli mengajukan penundaan pemeriksaan tersebut.

"Alasannya belum diberitahu. Silahkan tanya saja ke sana alasannya," ujarnya.

Firli dan empat wakil Ketua KPK lainnya awalnya dijadwalkan hari ini akan diperiksa oleh Dewas KPK, meskipun demikian hanya satu orang yakni Nurul Ghufron yang hadir memenuhi panggilan Dewas KPK.

BACA JUGA:

Albertina juga mengatakan Dewas KPK akan menyesuaikan jadwal pemeriksaan sesuai dengan permintaan ketua dan wakil ketua KPK.

"Kalau orangnya enggak ada bagaimana? Kami bisa periksa atau tidak? Dewas kan tidak ada upaya paksa. Kami tidak bisa menghadirkan," ujarnya.

Penyidik Polda Metro Jaya menyita sejumlah barang bukti hasil penggeledahan di rumah Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri.

Untuk diketahui dua rumah milik Ketua KPK Firli Bahuri yang berlokasi di Villa Galaxy, Jaka Setia, Bekasi Selatan, Kota Bekasi dan di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan digeladah penyidik Polda Metro Jaya pada Kamis, 26 Oktober 2023.

Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan dari hasil penggeledahan sejumlah barang bukti telah disita untuk kepentingan penyidikan kasus dugaan pemerasan pimpinan KPK terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syharul Yasin Limpo (SYL).

"Ada beberapa barang bukti yang kita lakukan penyitaan di lokasi penggeledahan rumah Kertanegara nomor 46," katanya di Jakarta, Jumat, 27 Oktober 2023.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: