Susi Pudjiastuti Kritik Janji Anies Tambah Kosa Kata Bahasa Indonesia Jika Jadi Presiden, Begini Katanya

Susi Pudjiastuti Kritik Janji Anies Tambah Kosa Kata Bahasa Indonesia Jika Jadi Presiden, Begini Katanya

Anies Baswedan dan Susi Pudjiastuti--Istimewa

Anies mengatakan pentingnya Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Dia menyebut interaksi seluruh rakyat Indonesia dapat terjalin dalam Bahasa Indonesia.

"Dua hari lagi kita memperingati 95 tahun Sumpah Pemuda dan kesepakatan yang luar biasa dampaknya bagi bangsa Indonesia adalah kesepakatan bahasa persatuan Bahasa Indonesia, bukan satu bahasa, tapi kita punya satu bahasa persatuan dan dengan bahasa persatuan itu sekarang kita merasakan bisa berdiskusi, berdialog dengan siapa saja di mana saja dengan menggunakan satu bahasa persatuan nah ini jangan dianggap sepele," kata Anies.

"Dan barangkali kita satu dari sedikit bangsa yang menyepakati bahasa persatuan sebelum ada negara, itulah kehebatan anak-anak muda pada masa itu dan dengan adanya bahasa persatuan itu lebih dari 700 bahasa di Indonesia yang penggunanya 275 juta orang ini, bisa berkomunikasi tanpa penerjemah, bisa berinteraksi tanpa ada yang hilang dalam terjemahan," lanjutnya. 

Lebih lanjut Anies mengatakan, menambah kosa kata Bahasa Indonesia merupakan PR bagi pihaknya . 

"Ke depan PR kita memperkaya Bahasa Indonesia, dengan menambahkan kosa kata bahasa daerah menjadi bahasa Indonesia. Agar Bahasa Indonesia kita makin kaya, makin punya daya penjelas yang lebih kuat lagi. Dan itulah tanggung jawab kita sama-sama bagi wartawan, bagi penulis, bagi sastrawan, bagi orang yang berada di wilayah politik, untuk selalu memperkaya Bahasa Indonesia dengan bahasa-bahasa daerah," ujarnya. (*) 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: