Dorong Wajib Belajar 12 Tahun, SMK dan SMA Negeri di Kabupaten Bekasi Gratis

Dorong Wajib Belajar 12 Tahun, SMK dan SMA Negeri di Kabupaten Bekasi Gratis

Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin -Dokumen Istimewa-

BEKASI, FIN.CO.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dorong Program Wajib Belajar 12 Tahun bagi warga Jawa Barat, salah satunya Kabupaten Bekasi. 

Program Wajib Belajar 12 Tahun itu didukung dengan  Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMK) di Kabupaten Bekasi yang digratiskan. 

Dalam kunjungannya ke Kabupaten Bekasi, Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin sempat berdialog terkait pendidikan bersama Forkopimda dan perwakilan Tokoh Masyarakat. 

"Saya ingin mendengarkan pak, apakah masih ada iuran atau pungutan, untuk siswa SMA atau SMK khususnya, karena itu kan (kewenangannya) ada di kami, di Pemprov," ungkapnya Bey Machmudin dalam keterangannya saat dikutip, Sabtu 7 Oktober 2023. 

Menurutnya Program Wajib Belajar 12 tahun merupakan program penting Pemprov Jawa Barat, termasuk kepada siswa di Kabupaten Bekasi. 

"Karena kita harus mendorong Wajib Belajar 12 tahun pak," ucapnya. 

BACA JUGA:

Bey Machmudin mengatakan, angka partisipasi anak sekolah di Jawa Barat secara nasional masih harus terus dimaksimalkan. 

Adanya pembayaran atau pungutan di lingkungan sekolah, dinilai dapat semakin membuat angka partisipasi anak sekolah semakin menurun. 

"Jadi tingkat partisipasi anak sekolah itu menurun pak, jadi saya tidak dapat membayangkan kalau ditambah iuran dan pungutan itu pasti akan menurun lagi tingkat partisipasi anak sekolah," kata Bey Machmudin. 

Adanya bantuan bantuan dari Pemprov Jawa Barat melalui Pemkab Bekasi diharapkan, dapat meningkatkan angka partisipasi anak sekolah. 

"Dan dengan tingkat partisipasi yang minimal angkanya tidak berkurang pak, syukur-syukur bisa meningkat," jelasnya. 

Bey Machmudin menegaskan, Program Wajib Belajar 12 Tahun merupakan hal penting yang harus dilaksanakan guna memajukan Indonesia dan Jawa Barat. 

Dalam kunjungannya ke Kabupaten Bekasi tersebut, PJ Gubernur Jawa Barat itu didampingi langsung oleh Pj Bupati Dani Ramdan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: