Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp Business: Pelaku Bisnis Harus Tahu, Nomor 4 Wajib Dibikin!

Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp Business: Pelaku Bisnis Harus Tahu, Nomor 4 Wajib Dibikin!

Kelebihan dan kekurangan WhatsApp Business-fin-WhatsApp-WhatsApp Business

Seperti dilansir dari TechCrunch  pada Selasa 26 September 2023, Vice President of Product Management for Business Messaging Meta, Nikila Srinivasan menyebut Flows WhatsApp Business memiliki pengaruh besar dalam menjalankan bisnis.

Menurutnya, banyak orang menggunakan WhatsApp dan membicarakan bisnis saat chatting. Termasuk di Indonesia yang karakteristik masyarakatnya gemar berbisnis. 

Nikila Srinivasan menyebut, di Indonesia terdapat sekitar 87 persen pengguna yang membicarakan bisnis saat chatting menggunakan WhatsApp untuk membicarakan bisnis. 

Pelaku bisnis dapat mendaftar akun WhatsApp Business dan menerima verifikasi dari Meta. Ini penting agar bisa membantu mengetahui bahwa pebisnis sedang chatting dengan bisnis yang tepat.

Untuk mendapatkan Verifikasi Meta, pebisnis dapat menunjukkan keautentikannya kepada Meta. Selanjutnya, akan memperoleh lencana terverifikasi. Termasuk perlindungan dari peniruan dan dukungan akun yang ditingkatkan.

"Verifikasi Meta akan hadir dengan fitur premium tambahan yang mencakup kemampuan untuk membuat halaman WhatsApp khusus," imbuh Nikila Srinivasan. 

Halaman ini nantinya dapat mudah ditemukan melalui pencarian web. Selain itu, ada dukungan multiperangkat agar karyawan juga dapat menanggapi chat dari customer.

Saat ini, lanjut Nikila Srinivasan, WhatsApp Business sedang melakukan ujicoba dengan bisnis. Seperti bank Brasil Banco Pan, pengecer MagaLu, Lenovo, layanan perjalanan RedBus India, Bank SBI di India, dan platform penjualan mobil Spinny.

BACA JUGA:

"Belanja dan e-commerce adalah salah satu sektor terbesar yang ingin difokuskan. Tujuannya adalah untuk memungkinkan pengiriman pesan bisnis sedemikian rupa. Sehingga bisnis dapat dilakukan langsung di ruang chatting WhatsApp. Nah, di situlah Flows berperan," papar Nikila Srinivasan. 

Meta, lanjut Nikila Srinivasan, tidak membebankan biaya kepada pelaku bisnis. Chatting dengan Flows akan disesuaikan dengan model pembayaran yang ada saat ini.

Dengan Flows WhatsApp Business, pelaku bisnis dapat mengirim pesan khusus kepada customer. Seperti promo diskon atau penawaran spesial tertentu.

Sekarang, WhatsApp Business membebankan biaya kepada pebisnis untuk percakapan interaksi dalam jangka waktu 24 jam. 

Dengan kategori berdasarkan pemasaran, utilitas, otentikasi, dan layanan. Misal, ada permintaan pelanggan untuk membuat janji bertemu, maka hal itu termasuk kategori utilitas.

Tak hanya itu, WhatsApp Business juga memperkenalkan mitra pembayaran baru. Untuk sementara ini khusus pelanggan di India.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: