Kesehatan

Sering Dijadikan Jus Buah, Alpukat Ternyata Memiliki Segudang Manfaat Bagi Kesehatan dan Bisa Dikonsumsi Sebagai Makanan Diet

fin.co.id - 20/05/2024, 21:01 WIB

Sering Dijadikan Jus Buah, Alpukat Ternyata Memiliki Segudang Manfaat Bagi Kesehatan dan Bisa Dikonsumsi Sebagai Makanan Diet

FIN.CO.ID - Alpukat merupakan buah yang biasa digunakan sebagai bahan pembuatan jus buah.

Selain rasanya yang nikmat, alpukat  kaya akan berbagai kandungan yang memberikan segudang manfaat bagi kesehatan.

Dalam alpukat terdapat berbagai macam kandungan nutrisi antara lain kalori, lemak sehat, protein, karbohidrat, serat, vitamin C, riboflavin, vitamin E, vitamin K, niasin, asam pantotenat, piridoksin, folat, magnesium, kalium, tembaga, dan mangan.

Dengan banyaknya kandungan yang berbeda, alpukat  juga membawa manfaat kesehatan yang luar biasa.

BACA JUGA:

Di bawah ini adalah beberapa manfaat kesehatan yang dapat diberikan oleh alpukat jika dikonsumsi dengan benar dan dalam jumlah yang tepat.

Manfaat alpukat untuk kesehatan

1. Pencegahan kanker

Dalam  penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa kandungan folat  pada alpukat sangat efektif  membantu mencegah terjadinya kanker usus besar dan lambung serta pankreas.

Selain itu, kandungan fitokimia dan karotenoid pada buah alpukat juga memiliki sifat anti kanker sehingga berperan penting dalam mencegah berkembangnya penyakit kanker.

2. Menjaga kesehatan jantung

Alpukat kaya akan  mineral, protein, serat, lemak sehat dan vitamin yang semuanya dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

BACA JUGA:

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi alpukat secara teratur dapat membantu menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik), sehingga mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah dan gangguan jantung.

3. Membantu menjaga berat badan

Noerma Puspita
Penulis