Pebisnis Wajib Tahu! WhatsApp Business Mirip e-Commerce, Bisa Pesan Makanan, Beli Tiket Sampai Pilih Kursi

Pebisnis Wajib Tahu! WhatsApp Business Mirip e-Commerce, Bisa Pesan Makanan, Beli Tiket Sampai Pilih Kursi

WhatsApp Business Mirip e-commerce-fin/WhatsApp-

WhatsApp Business - Pelaku bisnis kini tak perlu repot jika berurusan dengan customer. Cukup pakai WhatsApp Business atau WhatsApp Bisnis (WA Bisnis). Melalui fitur bernama Flows, pebisnis dapat menawarkan lebih banyak layanan. 

Seperti layanan memesan makanan atau minuman, membeli produk fashion, membeli tiket pesawat, tiket kereta sekaligus memilih kursi atau tempat duduk serta transaksi jual beli lainnya. Semua itu dapat dilakukan langsung dari chat WhatsApp (WA).

Melalui WhatsApp Business, pelaku bisnis juga dapat menawarkan layanan beragam. Tersedia pula formulir untuk berbagai kebutuhan. 

Pebisnis kuliner misalnya. Mereka bisa menampilkan katalog menu agar bisa dilihat oleh customer. Termasuk fitur janji ketemu dengan pelanggan. 

Selanjutnya, pilihan menu tersebut ditaruh ke keranjang belanja. Kuantitasnya juga bisa diatur sendiri. Mau pesan 1, 2 atau 3 bebas. 

Caranya sama seperti pesan makanan di aplikasi pesan antar makanan. Bedanya, semua bisa dilakukan langsung di chat WA. Untuk harga sudah tertera secara otomatis. 

BACA JUGA:


WhatsApp Business Mirip e-commerce-fin/WhatsApp-

Begitu juga dengan pebisnis travel. Disediakan formulir untuk pemesanan tiket. Baik pesawat maupun kereta. Lengkap dengan lokasi keberangkatan dan tujuan, tanggal keberangkatan dan kepulangan, hingga memilih kursi. 

Fungsi WhatsApp Business sudah nyaris sama dengan e-commerce atau marketplace yang sudah ada selama ini. 

Fitur Flows diluncurkan khusus buat pelaku bisnis di seluruh dunia yang menggunakan Platform WhatsApp Business dalam beberapa minggu ke depan. 

WhatsApp Flows adalah fitur yang memungkinkan bisnis menyediakan layanan dengan lancar saat berinteraksi dengan customer atau pelanggan. 

Dengan layanan ini, customer dapat melakukan beberapa tindakan tanpa harus menutup aplikasi chatting WhatsApp. Seperti:

  • Membuat janji pertemuan
  • Masuk ke dalam akun 
  • Mengustomisasi produk yang diminati
  • Mengisi dan mengirimkan formulir
  • Mendaftar ke acara dan promosi

Fitur baru Flows WhatsApp Business ini diluncurkan di Mumbai, India, pada Rabu 20 September 2023 lalu. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: