Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp Business: Pelaku Bisnis Harus Tahu, Nomor 4 Wajib Dibikin!

Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp Business: Pelaku Bisnis Harus Tahu, Nomor 4 Wajib Dibikin!

Kelebihan dan kekurangan WhatsApp Business-fin-WhatsApp-WhatsApp Business

FIN.CO.ID - Pelaku usaha tentu sudah akrab dengan WhatsApp Business atau WhatsApp Bisnis (WA Bisnis). Sebagai aplikasi, WhatsApp Business tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. 

Apa saja sih kelebihan dan kekurangan WhatsApp Business yang perlu diketahui oleh pelaku bisnis atau dunia usaha?

Kelebihan WhatsApp Business

  1. Memiliki Profil Bisnis
    WhatsApp Business memiliki profil bisnis yang sangat penting bagi pelaku usaha. Tak hanya menampilkan nama, nomor, dan status, kamu juga bisa menambahkan informasi atau deskripsi singkat bisnis. Seperti alamat, email, kategori, jam operasional, website, maps dan lainnya. Profil bisnis memudahkan customer mengenali bisnis kamu.

  2. Fitur Auto Reply
    Memiliki fitur auto reply atau pesan otomatis. Fitur ini sangat membantu pebisnis mengatur pesan otomatis untuk menjawab customer. Ada 3 fitur pesan otomatis:
    - Greeting Message: Muncul sebagai pesan otomatis saat customer menghubungi akun WhatsApp Business untuk pertama kali.
    - Quick Replies: Berfungsi membalas cepat seluruh pesan yang serupa atau Frequently Asked Questions (FAQ).
    - Away Message: Digunakan merespon pesan konsumen secara otomatis ketika sedang sibuk atau di luar jam operasional

  3. Keamanan Lebih Terjamin
    WhatsApp Business menggunakan enkripsi end-to-end. Yaitu pesan hanya dapat dibaca oleh pengirim dan penerima saja. Ini dapat mengurangi potensi bocornya percakapan, foto, dokumen dan video.
  4. Fitur Katalog Produk
    Dengan fitur katalog, pebisnis tak perlu lagi harus mengirim foto atau video kepada setiap pelanggan satu persatu. Cukup pasang produk di katalog. Biarkan customer membuka profil WhatsApp Business kamu dan melihat apa saja produk yang ditawarkan. Ini banyak dilakukan pelaku bisnis untuk memperkenalkan produknya.

  5. Bisa Digunakan Lebih dari 1 Device
    Kelebihan akun WhatsApp Business ini dapat digunakan di smartphone berbeda. Artinya bisa dipakai lebih dari 1 device atau perangkat. Khusus untuk ini, kamu harus mengubah mode WhatsApp Business menjadi beta mode. Dengan begitu, pesan yang masuk bisa langsung disinkronkan meskipun aktif lebih dari 1 device.

  6. Alat Pemasaran yang Mudah, Efektif dan Efisien
    Fitur pendukung yang terdapat di WhatsApp Business bisa menjadi alat pemasaran yang sangat mudah dan efektif. Terutama untuk menjangkau customer. Selain itu, efisien. Karena tidak perlu bertatap muka dengan customer. Kamu bisa melakukannya dari manapun dan kapanpun.
     
  7. Tidak Ada Biaya 
    WhatsApp Business dapat didownload secara gratis di Google Play Store dan App Store. Dengan begitu, kamu dapat mengalihkan biaya yang ada untuk kebutuhan promosi lainnya.

  8. Fitur Statistik Pesan
    Pelaku bisnis dapat memantau pesan terkirim melalui statistik pesan yang tersedia di WhatsApp Business. Tak hanya itu. Pebisnis juga dapat mengategorikan bisnis yang terdaftar atau memilih “other” jika tidak ada pilihannya.

  9. Short Link Atau Tautan Pendek 
    WhatsApp Business menyediakan fitur short link atau tautan pendek. Ini mempermudah customer baru terhubung dengan bisnis yang kamu jalankan. Pebisnis bisa dengan mudah membagikan short link akun WhatsApp Business ke berbagai grup, channel dan media sosial.

  10. Fitur Label
    Melalui fitur label yang disediakan WhatsApp Business, pelaku bisnis dapat mengorganisir dan menemukan chat customer dengan mudah. Melalui fitur ini, kamu Anda juga bisa mengurutkan percakapan menjadi beberapa kategori. Seperti Pesanan dalam proses atau Pelanggan Baru.
     
  11. Komunikasi Dua Arah Secara Real Time
    Tampilan ruang chat WhatsApp Business cukup sederhana. Pelaku bisnis dan customer dapat melakukan komunikasi dua arah dengan mudah, nyaman dan secara real-time. Tidak ada istilah keterlambatan dalam pengiriman atau penerimaan pesan.

  12. Fitur Broadcast Message 
    Pada aplikasi WhatsApp Business ini, pelaku bisnis dapat mengirimkan Broadcast Message atau pesan broadcast secara utuh kepada seluruh customer secara bersamaan. Tentu saja fitur ini sangat membantu. Karena kamu tidak perlu repot mengirimkan pesan satu persatu.

  13. Fitur Template Pesan
    WhatsApp Business juga menyiapkan fitur template pesan. Ini memudahkan pebisnis mengirim pesan yang sudah ditulis sebelumnya. Tentu saja ini sangay membantu merespon pesan karena kamu tidak perlu menulis ulang. Seperti pembaruan pengiriman, konfirmasi dan janji temu.

  14. Bisa Diakses Melalui Browser Desktop
    WhatsApp Business dapat diakses melalui smartphone dan browser desktop. Dengan cara ini, kamu terkesan selalu siap berkomunikasi dengan customer.

  15. Terlihat Lebih Profesional
    Menggunakan WhatsApp Business akan memberi kepercayaan lebih customer pada bisnis yang kamu jalani. Ini sangat penting. Terlebih saat kamu dan customer melakukan transaksi. Sehingga mereka percaya dan tidak perlu khawatir ditipu saat berbisnis.

BACA JUGA:



Kelebihan dan Kekurangan Whatsapp Business-fin/diolah-WhatsApp Business

Kekurangan WhatsApp Business

  1. Pengiriman Pesan Terbatas
    WhatsApp Business memiliki keterbatasan jumlah pengiriman pesan. Kamu hanya bisa mengirimkan 5000 pesan setiap bulannya. Berbeda dengan akun WhatsApp pribadi yang tidak memiliki batasan tersebut. Jika bisnis kamu besar, tentu saja tidak bisa mengakomodasi kebutuhan pengiriman pesan yang sangat banyak.

  2. Tidak Terintegrasi dengan Aplikasi Lain
    WhatsApp Business  tidak terintegrasi dengan aplikasi lain. Perlu lebih dari 1 orang untuk memantau seluruh pesan yang masuk dari berbagai kanal. Padahal ini sangat penting untuk dapat membantu memantau pesan yang masuk dari berbagai aplikasi di satu perangkat.

  3. Ada Batasan Jam Operasional Kantor
    Kekurangan lainnya WhatsApp Business ini terpengaruh jam operasional kantor. Kamu dapat menentukan jam operasional buka dan tutup jam berapa. Dengan batasan ini, pebisnis hanya dapat membalas pesan sesuai jam operasional saja. Padahal, pertanyaan dari customer bisa muncul kapan saja.

  4. Pembatasan Jumlah Device
    Saat ini WhatsApp Business hanya dapat digunakan pada 2 device atau perangkat saja. Jika butuh akses lebih dari 2, maka kamu harus membuat akun lain dengan nomor baru. Tentu saja ini sangat tidak efektif untuk bisnis.

  5. Nomor Telepon Permanen
    Pada WhatsApp Business, kamu tidak dapat mengubah nomor telepon. Artinya nomor yang digunakan permanen. Jika ingin menggunakan nomor baru, kamu perlu membuat akun WhatsApp Business yang baru pula. Satu nomor yang sama tidak bisa digunakan untuk akun WA Business dan WhatsApp biasa.

  6. Nama Akun Tidak Dapat Diubah
    Kamu tidak dapat mengubah nama bisnis pada profil WhatsApp Business. Karena itu, kamu harus memastikan nama bisnis yang ditulis sudah benar dan tidak ada kesalahan.

Demikian informasi terkait Kelebihan dan Kekurangan Whatsapp Business. Dengan begitu, kamu bisa menentukan dan memilih aplikasi apa yang cocok untuk bisnis yang sedang dijalankan. 

Cara Buat dan Daftar WhatsApp Business

Jika belum punya akun WhatsApp Business, kamu bisa download aplikasi WhatsApp Business melalui Play Store atau App Store. Nggak lama kok. Paling cuma 5 menit beres. 

Setelah aplikasi WhatsApp Business sudah didownload, kamu bisa memulai membuat akun WhatsApp Business.

BACA JUGA:


Cara Buat dan Daftar WhatsApp Business -fin/diolah-

  • Buka Pengaturan Bisnis 
  • Buka bagian Akun WhatsApp
  • Klik Tambahkan
  • Klik Buat akun WhatsApp
  • Di bagian Buat akun WhatsApp:
    - Nama akun: Masukkan nama akun WhatsApp Business kamu
    - Kirim pesan untuk: Pilih apakah membuat akun untuk diri sendiri atau klien dari menu pilihan:
    - Akun pengelola bisnis Anda sendiri
    - Akun klien kamu untuk membuat akun atas nama sebuah bisnis. Jika perlu memasukkan ID Pengelola Bisnis klien, kamu bisa menemukannya di Pengaturan Pengelola Bisnis klien
    - Zona waktu: Pilih zona waktu lokasi bisnis kamu
    - Mata Uang: Pilih mata uang lokal untuk bisnis. Mata uang yang kamu pilih harus cocok dengan mata uang yang akan kamu gunakan membayar invoice
    - Metode pembayaran (opsional): Pilih metode pembayaran untuk iklan. Jika belum memiliki lini kredit pembayaran saat ini, kamu bisa menyiapkannya terlebih dahulu
    - Nomor P.O. (opsional): Masukkan nomor pesanan pembelian (P.O.) yang muncul di invoice
    - Klik Selesai
  • Di bagian Tambahkan orang dan tetapkan izin:
    Cari orang yang ingin ditambahkan ke akun dan pilih mereka dari daftar.
    Pilih level izin untuk ditetapkan kepada setiap orang. Kamu bisa memilih:
    - Akses parsial untuk mengizinkan orang mengelola nomor telepon dan template pesan.
    - Kontrol penuh untuk mengizinkan orang mengelola akun WhatsApp
  • Klik Tetapkan

BACA JUGA:

Akun WhatsApp Business berhasil dibuat. Selanjutnya, akun akan dikirimkan ke tim WhatsApp untuk ditinjau. Kamu akan menerima notifikasi jika ada masalah. Kamu juga bisa memeriksa status akun di halaman pengaturan.

Setelah status akun disetujui, kamu bisa mulai menambahkan nomor telepon untuk langsung mengirimkan pesan. 

Status akun harus disetujui agar kamu bisa mengunduh sertifikat untuk mengirim atau menerima pesan.

Setelah akun WhatsApp Business selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah mendaftar ke aplikasi WhatsApp Business.

Cara Daftar Aplikasi WhatsApp Business

  • Masukkan nomor telepon:
    - Pilih negara dari daftar tarik turun. Daftar akan mengisi kode negara di kotak sebelah kiri secara otomatis
    - Masukkan nomor telepon Anda di kotak sebelah kanan. Jangan masukkan angka nol (0) di depan nomor telepon
  • Ketuk Selesai untuk menerima kode pendaftaran. Jika diminta, kamu juga dapat mengetuk Hubungi saya untuk menerima kode melalui panggilan telepon
  • Masukkan kode pendaftaran 6 digit yang diterima melalui SMS atau panggilan telepon

Jika Tidak Menerima Kode 6 Digit Melalui SMS

  • Tunggu hingga bar kemajuan selesai dan coba lagi. Waktu tunggu dapat berlangsung hingga 10 menit
  • Jangan menebak kode atau akan terkunci selama jangka waktu tertentu
  • Jika waktu timer berakhir sebelum kamu menerima kode pendaftaran, opsi untuk meminta panggilan telepon akan ditampilkan. Pilih opsi Panggil saya untuk meminta panggilan. Ketika menerima panggilan, mesin suara otomatis akan memberi tahu kode pendaftaran 6 digit. Masukkan kode ini ke aplikasi WhatsApp Business

Ada Masalah Mendaftar Coba Langkah Ini:

  • Matikan telepon selama 30 detik, kemudian nyalakan kembali
  • Hapus instalan lalu instal ulang aplikasi WhatsApp Business versi terbaru DI SINI 
  • Periksa sinyal seluler dengan mengirim SMS percobaan dari telepon lain ke nomor telepon yang sedang kamu daftarkan. Masukkan nomor telepon persis seperti yang kamu masukkan di aplikasi WhatsApp Business. Termasuk kode negara
  • Selesai. Kamu sudah bisa menggunakan WhatsApp Business untuk aktivitas bisnis 

Tawarkan Lebih Banyak Layanan  

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: