WhatsApp Luncurkan Fitur Baru Lagi, Namanya Flows, Seperti Apa Itu?

WhatsApp Luncurkan Fitur Baru Lagi, Namanya Flows, Seperti Apa Itu?

WhatsApp--

WhatsApp kembali luncurkan fitur baru yang diberi nama Flows dalam memudahkan pengguna bertransaksi. 

Fitur baru ini khusus bagi pengguna WhatsApp Business untuk bertransaksi dalam satu obrolan (chat).

Fitur baru WhatsApp tersebut diumumkan secara langsung oleh Pendiri dan CEO Meta Mark Zuckerberg dalam acara Conversations Global di Mumbai, India, Rabu kemarin 20 September 2023.

"Saya sangat bersemangat untuk mengumumkan beberapa fitur baru yang menurut saya akan membawa perubahan besar bagi bisnis dan sangat berguna bagi banyak orang, yang kami sebut flows WhatsApp," kata Mark .

BACA JUGA:

Mark mengatakan bahwa bahwa fitur Flows ini dapat menyesuaikan obrolan secara otomatis yang disesuaikan dengan kebutuhan sang pengguna bisnis kepada konsumen. 

Misalnya, perusahaan perbankan dapat menyediakan cara bagi nasabah untuk membuat janji dalam membuat rekening baru.

Contoh lain yang ia sebutkan adalah maskapai penerbangan dapat membantu penumpang untuk melakukan check-in penerbangan, maupun memesan kursi.

Dengan fitur flows, transaksi tersebut dapat dilakukan tanpa harus meninggalkan obrolan atau chat. Dengan begitu, pengguna tidak perlu mengunduh banyak aplikasi.

BACA JUGA:

Jangkau Banyak Konsumen

Dalam kesempatan yang sama, Vice President of Product Management for Business Messaging Meta Nikila Srinivasan mengatakan fitur baru yang tersedia dalam WhatsApp Business ini dapat membuat usaha kecil berkembang dan menjangkau lebih banyak calon konsumen.

"Kami sangat bersemangat untuk terus mengembangkan investasi usaha kecil dan memikirkan bagaimana kita bisa membuat bisnis mereka lebih besar dengan terhubung secara efisien dengan pelanggan mereka," kata Nikila.

Adapun WhatsApp Business sendiri telah digunakan oleh lebih dari 200 juta pengguna di dunia, meningkat signifikan dari 50 juta pengguna pada pertengahan 2020.

Selama tiga tahun terakhir, WhatsApp juga bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM dan Kementerian Perdagangan untuk melatih lebih dari 30.000 UKM di Indonesia untuk digitalisasi pemasaran.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: