Aku NU Tapi Bukan PKB Bergema di Twitter, Yenny Wahid: Asal Bukan Cak Imin yang Jadi Wakil Presiden!

Aku NU Tapi Bukan PKB Bergema di Twitter, Yenny Wahid: Asal Bukan Cak Imin yang Jadi Wakil Presiden!

Tagar Aku NU Tapi Bukan PKB -fin/diolah-Twitter

Aku NU Tapi Bukan PKB - Tagar Aku NU Tapi Bukan PKB rame di media sosial Twitter pada Senin, 4 September 2024. Ini sebagai reaksi atas deklarasi Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai pasangan Capres Cawapres 2024. 

Tagar Aku NU Tapi Bukan PKB ini jadi trending karena ada yang pro dan kontra dengan Cak Imin. 

Sebagian mengatakan NU tidak identik dengan PKB. Namun, sebagian lainnya menyebut PKB adalah NU.

Namun, faktanya Cak Imin sebagai Ketua Umum DPP PKB hubungannya tidak harmonis dengan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya.

Dengan tegas Gus Yahya mengatakan bahwa PKB bukan representasi NU. Karena itu, capres-cawapres manapun tidak boleh mengatasnamakan NU.

Soal tidak harmonisnya hubungan Cak Imin dan Gus Yahya ini pernah disinggung oleh putri Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yaitu Zannuba Ariffah Chafsoh Yenny Wahid.

BACA JUGA:

Dalam sebuah interview di salah satu stasiun televisi beberapa waktu lalu, Yenny Wahid mengatakan prinsip paling utama adalah Ketua Umum PKB seharusnya tidak boleh mengambil posisi berseberangan dengan NU dan Ketua Umum PBNU. 

"Yang kasihan umat di bawah. Semua kan karena ego politik menghalalkan segala macam cara. Kasihan konstituen PKB yang orang NU. Ada juga Cak Imin yang membuat pernyataan yang menyudutkan ketua umum PBNU. Itu kan tidak baik," kata Yenny Wahid seperti dikutip fin.co.id. 

Namun, sebagai saudara Yenny Wahid mengaku sudah memaafkan Cak Imin. Diketahui, Cak Imin disebut-sebut telah mengkhianati almarhum Gus Dur. Bahkan Yenny Wahid terang-terangan mengatakan Gus Dur telah dikudeta oleh Cak Imin. 

Gus Dur sendiri juga pernah menyebut PKB yang didirikannya teah dicuri oleh Muhaimin Iskandar. 

"Cak Imin ini tetap keponakannya Gus Dur. Sebagai saudara saya sudah memaafkan. Nggak ada masalah. Tapi dalam hal politik, tidak bisa kemudian sekedar islah atau berdamai. Platformnya seperti apa dulu," terang Yenny. 

Dia menanyakan apakah PKB di bawah pimpinan Cak Imin mau kembali ke PKB Gus Dur yang tidak transaksional atau memperjuangkan idealisme Gus Dur. 

"Kalau itu bisa, saya rasa dapat dikomunikasikan. Tapi kalau masih seperti sekarang, modelnya hanya mengedepankan kepentingan diri sendiri, mengambil sikap berseberangan dengan NU, makin banyak sekali perbedaan yang ada," tutur Yenny Wahid. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: