5 Negara Terkaya di Dunia, Indonesia Ada di Peringkat Berapa?

5 Negara Terkaya di Dunia, Indonesia Ada di Peringkat Berapa?

Uang Dollar. (pixabay)--

Negara Terkaya di Dunia - Mungkin banyak yang beranggapan kalau Amerika Serikat merupakan negara terkaya di dunia karena memiliki semua fasilitas terbaik di dunia.

Namun ternyata anggapan itu salah, karena dalam daftar lima besar saja tidak ada nama Amerika Serikat, Lalu siapa? Apakah Arab Saudi yang setiap tahun mendapatkan pemasukan dari ibadah haji.

Jawabnya juga bukan Arab Saudi, siapa yang sangka negara terkaya di dunia justru diduduki oleh negara kecil. Mungkin namanya tidak populer, tapi mereka bisa mengelola ekonomi dengan baik.

Menjadi negara terkaya di dunia tentu akan berdampak positif bagi warga negaranya. Sudah pasti setiap warganya akan menikmati segala fasilitas dan kemudahan.

Belum lagi negara kaya, biasanya selalu memiliki nilai tukar mata uang yang baik. Hal ini penting karena ketika ke luar negeri uang mereka akan dihargai tinggi.

5 Besar Negara Terkaya di Dunia

Peringkat ini diambil berdasarkan data dari situs World Dana yang dinilai melalui Produk Domestik Bruto (PDB). Berikut datanya!

1. Luxemburg 

Meskipun berukuran kecil, tapi Luxemburg berhasil menjadi negara terkaya di dunia. PDB mereka menjadi yang tertinggi di dunia, mencapai 131,511 USD per kapita.

Lokasinya yang strategis di Eropa serta banyak melakukan inovasi membuat perekonomian Luxemburg berjalan baik. Yang menarik adalah mereka masih dipimpin oleg Adipati.

2. Singapura

Tetangga Indonesia ini memang tak perlu diragukan lagi kapasitasnya. Singapura memiliki lokasi yang strategis untuk menjadi pusat perdagangan dunia.

Negara terkecil di Asia Tenggara ini PDB-nya mencapai 124,353 USD per kapita. Tidak heran jika banyak WNI yang memilih untuk pindah kewarganegaraan menjadi Singapura.

3. Irlandia

Bagian dari United Kingdom ini memang dikenal memiliki perekonomian yang cukup kuat. Pertumbuhan dari negara berjuluk Celtic Tiger ini sangat pesat dari tahun 1995 hingga 2007.

Dengan populasi 4 juta jiwa, Irlandia memiliki PDB sebesar 104,570 USD per kapita. Berjarak cukup jauh dibandingkan dengan Singapura.

4. Qatar

Dengan memiliki cadangan gas alam dan minyak membuat Qatar menjadi negara terkaya di Timur Tengah. Mereka mendapatkan PDB 102,018 USD per kapita.

Selain tingkat PDB yang tinggi, Qatar juga memiliki Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang terbaik dibanding negara Arab lainnya.

5. Bermuda

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Vitalis Yogi T.

Tentang Penulis

Sumber: