Taktik Sempurna Bawa Jordania Singkirkan Irak di Babak 16 Besar Piala Asia 2023

Taktik Sempurna Bawa Jordania Singkirkan Irak di Babak 16 Besar Piala Asia 2023

Para pemain Yordania merayakan gol kedua timnya pada pertandingan sepak bola Piala Asia AFC Qatar 2023 antara Irak dan Yordania--(ANTARA/AFP/Karim Jaafar/aa)

FIN.CO.ID - Jordania memenangi laga dramatis melawan Irak dengan skor 3-2 di Stadion Internasional Khalifa, Al-Rayyan, Qatar, Senin, 29 Januari 2024.

Pelatih timnas Jordania Houcine Ammouta mengatakan, taktik yang disusun sempurna membawa timnya menyingkirkan Irak di babak 16 besar Piala Asia 2023 Qatar itu.

Ammouta mengatakan hal ini karena pada laga itu, strategi yang ia terapkan yaitu serangan balik sangat manjur mengatasi permainan Jesus Casas yang mendominasi laga sejak awal.

“Kami mengeksekusi taktik kami dan memanfaatkan pemain kami sesuai rencana, kami secara efektif menyerap tekanan dan mengeksekusi serangan balik sesuai rencana kami dan itu memberi kami kualifikasi yang pantas,” kata Ammouta, melansir dari kaman resmi AFC, Selasa, 30 Januari 2024.

BACA JUGA:Mainkan 4 Pertandingan di Piala Asia 2023, Shin Tae-yong Puas dengan Perkembangan Pemain

BACA JUGA:Harapan Shin Tae-yong pada Timnas Indonesia Usai Dikalahkan Australia di Piala Asia 2023

Pada laga itu, strategi serangan balik Jordania terbukti berhasil ketika di tengah Irak yang menguasai jalannya laga, mereka mencuri satu gol melalui Yazan Al-Naimat di penghujung babak pertama.

“Pola pikir seperti ini sangat penting bagi tim mana pun dan kami sangat yakin dengan potensi tim kami. Kami memanfaatkan kekuatan kami dan secara efektif mengatasi kelemahan kami, terutama pada saat-saat penuh tekanan,” ucap Ammouta.

Pada babak kedua, Irak membalikkan keadaan melalui Saad Natiq dan Aymen Hussein. Namun, keunggulan itu hanya bertahan sebentar setelah Singa Mesopotamia kehilangan Aymen Hussein setelah sang striker mendapatkan kartu kuning kedua dari wasit.

Unggul jumlah pemain pun dimanfaatkan oleh Jordania untuk menyegel kemenangan tanpa menunggu babak perpanjangan waktu setelah Yazan Alarab dan Nizar Mahmoud mencetak gol di menit-menit akhir laga sekaligus memastikan tempat ke babak perempat final untuk melawan tim debutan Tajikistan.

“Memanfaatkan pemain tambahan di perpanjangan waktu menunjukkan mentalitas kami yang kuat dan sangat penting untuk mempertahankan pola pikir ini sepanjang turnamen,” tambahnya.

Sementara itu, dari pelatih Irak Jesus Casas mengatakan kehilangan satu pemain membuyarkan strategi yang telah ia susun dengan baik.

Ia pun berharap gelaran Piala Asia 2023 ini menjadi pembelajaran baginya dan seluruh pemainnya untuk menatap perhelatan besar lebih baik.

“Kekalahan hari ini tidak membuktikan apa pun. Masalahnya terletak pada waktu pemberian kartu merah, dan karena kami telah memanfaatkan semua pergantian pemain, sulit menghadapi situasi sulit di lapangan. Saya bertanggung jawab penuh,” kata Casas.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: