Trust Indonesia: Nasib Koalisi Politik Bergantung Pada Penetapan Cawapres

Trust Indonesia: Nasib Koalisi Politik Bergantung Pada Penetapan Cawapres

Direktur Eksekutif Trust Indonesia, Azhari Ardinl dalam agenda Trust Forum yang berlangsung Jumat (16/6) sore-Istimewa-

Survei Trust Indonesia - Hasil Survei Trust Indonesia menyimpulkan tiga orang berikut: Sandiaga Uno, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Erick Thohir merupakan figur Cawapres yang dipilih responden. 

Pasalnya dalam beberapa skema simulasi (top of mind/ elektabilitas terbuka), AHY dan Sandiaga Uno berada di peringkat teratas Cawapres yang memiliki elektabilitas (tingkat penerimaan) tinggi. Sementara Erick Thohir masuk dalam 10 peringkat besar.

“Dalam top of mind survei Trust Indonesia yang dirilis Februari lalu. AHY dan Sandiaga Uno masing-masing memiliki elektabilitas sebesar 8,5 persen. Sementara Erick Thohir ada di peringkat ketujuh, dengan elektabilitas sebesar 3,5 persen,” kata Direktur Eksekutif Trust Indonesia Azhari Ardinal dalam keterangan kepada awak media, Jumat 16 Juni 2023.

Survei nasional yang digelar pada 28 Januari - 6 Februari 2023 lalu, melibatkan 2.200 responden dengan tingkat kesalahan sebesar 2,09 persen tersebut. Survei tersebut ikut memotret pilihan Cawapres dalam berbagai skema dan simulasi.

BACA JUGA:

Dalam simulasi 13 nama Cawapres (Elektabilitas Tertutup), Sandiaga juga berhasil mendapat elektabilitas tinggi sebesar 6,4 persen. Baru kemudian diikuti AHY yang memiliki elektabilitas 6,1 persen dan Erick Thohir yang hanya mendapat elektabilitas 3,9 persen.

Hasil sejumlah sigi lembaga survei terbaru juga menunjukkan formasi figur Cawapres ini juga tidak berbeda dengan temuan survei Trust Indonesia. Ketiga nama tersebut: AHY, Sandi dan Erick menjadi sosok yang dianggap paling layak menjadi figur Cawapres.

Tentu saja ada nama-nama lain seperti Ridwan Kamil, Mahfud MD dan Risma yang ikut muncul sebagai Cawapres potensial. Tetapi ketiga nama tadi belum atau tidak diusung secara resmi oleh partai politik untuk menjadi pasangan Cawapres. 

Karena itu, besar kemungkinan Mahfud, Ridwan Kamil dan Risma tidak masuk dalam radar Cawapres yang diusung oleh masing-masing koalisi politik.

BACA JUGA:

“Trust hanya memotret nama-nama potensial yang dianggap memiliki basis dukungan partai yang jelas dan modal sosial politik yang kuat. Ketiga nama: AHY, Sandi dan Erick dinilai paling representatif,” jelas Azhari.

Analisis Personal

Dalam analisa Trust Indonesia, AHY yang paling potensial menjadi figur Cawapres. Selain karena kapasitasnya sebagai Ketua Umum Partai Demokrat, posisi partainya yang memegang kunci utama Koalisi Perubahan Untuk Persatuan (Koalisi Perubahan), membuat AHY paling mungkin menjadi sosok Cawapres.

Akan tetapi dinamika internal koalisi yang kuat dan meragukan kompetensi AHY sebagai pendatang baru, yang membuat putra sulung Presiden SBY ini tidak kunjung diusung menjadi Cawapres. 

Figur AHY dianggap lemah karena belum memiliki pengalaman dan keberhasilan dalam jabatan publik.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: