Entertainment

Fakta One Piece: Membedah Kekuatan dan Kelemahan Buah Iblis Tipe Zoan

Manga One Piece - Tak ada salahnya membedah kekuatan dan kelemahan buah iblis (devil fruit) tipe Zoan pada komik One Piece ciptaan mangaka Eiichido Oda.

Zoan adalah salah satu dari tiga jenis Buah Iblis (Devil Fruit atau Akuma no Mi) dalam komik One Piece.

Jenis Buah Iblis ini memungkinkan pengguna untuk berubah menjadi spesies hewan sesuka hati, atau hibrida antarspesies.

Buah Iblis tipe Zoan memberikan kemampuan untuk berubah menjadi spesies hewan tertentu.

BACA JUGA:

Tidak seperti Buah Iblis Paramecia dan Logia, Zoan dikatakan memiliki 'kehendak mereka sendiri', bahkan sebelum dikonsumsi.

Bentuk-bentuk pemakan buah iblis tipe Zoan pada umumnya menyediakan tiga bentuk dasar bagi pengguna:

  • Bentuk Manusia (人型, Hito-gata?): Bentuk alami pengguna sebelum mengkonsumsi buah.
  • Bentuk Manusia-Binatang (人獣型, Jinjū-gata?): Bentuk hibrida, menggabungkan karakteristik spesies asli pengguna dan spesies yang diberikan buah ke dalam bentuk yang tidak biasa (biasanya dengan cara yang aneh di mana ukurannya sangat dibesar-besarkan).
  • Bentuk Binatang (獣型, Kemono-gata?): Bentuk di mana pengguna sepenuhnya berubah menjadi spesies yang dianugerahi buah.

Buah iblis (devil fruit) tentu saja punya kekuatan dan kelemahan masing-masing sebagaimana dilansir laman One Piece Fandom.

BACA JUGA:

Kekuatan Buah Iblis Tipe Zoan

Kekuatan utama buah tipe Zoan adalah meningkatkan kemampuan fisik dan atribut pengguna, jauh melebihi kekuatan fisik mentah manusia biasa.

Ini ditunjukkan oleh Lucci dan Kaku, yang serangan Rokushiki-nya menjadi lebih kuat secara eksponensial ketika mereka mengaktifkan bentuk hibrida manusia-binatang buas mereka.


One Piece: Eks Yonkou Bajak Laut Beast Kaido (kiri) berhadapan dengan Yamato (kanan), dimana dua karakter tersebut pemakan buah iblis tipe Zoan (mitos).-Istimewa-

Buah Zoan memberi pengguna kemampuan untuk menambah kekuatan dan kemampuan mereka yang sudah ada sebelumnya dengan kekuatan dan kemampuan hewan yang mereka ubah.

BACA JUGA:

Seperti yang dinyatakan oleh Rob Lucci, pengguna Zoan dapat lebih meningkatkan kekuatan fisik mereka melalui pelatihan.

Seperti yang dinyatakan oleh Tony Tony Chopper, buah yang mengubah penggunanya menjadi hewan karnivora disebut Zoan Karnivora (肉食の動物ゾオン系, Nikushoku no Zōn-kei?).

Pengguna Buah Zoan karnivora menjadi lebih ganas daripada pengguna Zoan lainnya dan memiliki atribut predator yang menguntungkan dalam pertempuran, seperti taring dan cakar yang tajam.

Ini pertama kali diangkat ketika Chopper melihat Rob Lucci berubah menjadi macan tutul.

BACA JUGA:

Selain peningkatan kekuatan fisik pengguna, kekuatan buah Zoan memiliki berbagai macam kemampuan berguna yang terutama bergantung pada jenis hewan yang memungkinkan pengguna untuk berubah menjadi buah.

Dengan berubah menjadi bentuk hewan atau bentuk hibrida hewan-manusia, pengguna Zoan mendapatkan ciri-ciri hewan yang tidak mereka miliki dalam keadaan normal, misalnya:

  • Pengguna Zoan burung dan serangga terbang Zoans mendapatkan kemampuan untuk terbang.
  • Tikus tanah Zoan memungkinkan pengguna untuk menggali bumi.
  • Raja kobra Zoan memungkinkan pengguna untuk meludahkan gumpalan racun.
  • Zoan laba-laba memungkinkan pengguna untuk memutar jaring untuk menjebak musuh.
  • Kura-kura Zoan memungkinkan pengguna untuk mendapatkan cangkang keras kura-kura di punggung mereka untuk perlindungan.
  • Pengguna Zoan anjing dan kucing liar, seperti Lucci's Leopard Zoan, Jabra's Wolf Zoan, dan Chaka's Jackal Zoan, mendapatkan gigi dan cakar yang tajam.
  • Hewan yang memakan Zoan manusia mendapatkan kecerdasan manusia dan kemampuan berbicara.

Pengguna tipe Mythical Zoan mendapatkan keuntungan ini ke tingkat yang lebih ekstrim, karena hewan mereka biasanya memiliki kekuatan gaib khusus yang tidak mungkin dimiliki atau diperoleh oleh hewan yang ada secara alami.

BACA JUGA:

Misalnya, Phoenix Zoan memungkinkan pengguna untuk menghasilkan api yang memiliki sifat penyembuhan, memberikan pengguna kemampuan untuk beregenerasi dari kerusakan serangan dan menyembuhkan orang lain sampai tingkat tertentu.


One Piece: Kapten Bajak Laut Topi Jerami (Straw Hat Pirates) Monkey D. Luffy (kanan) digigit agen CP9 Rob Lucci (kiri) di Arc Enies Lobby.-Istimewa-

Pengguna Zoan memiliki kemampuan tambahan yang tidak dimiliki pengguna Zoan organik, berdasarkan sifat objek.

Misalnya, Funkfreed, pedang dengan gajah Zoan dapat digunakan untuk menyerang lawan sebagai gajah dan memotong lawan dengan pedangnya.

Lassoo, sebagai senjata yang dapat berubah menjadi dachshund, mampu bergerak secara mandiri sambil menembakkan proyektil.

BACA JUGA:

Bunbuku mampu menyimpan cairan panas di tubuhnya karena menjadi teko, bahkan ketika itu berubah menjadi tanuki.

Meskipun belum disebutkan bahwa benda mati tidak bisa 'diberi makan' buah jenis Paramecia dan Logia, setiap benda bertenaga Buah Iblis yang terlihat sejauh ini telah memiliki kemampuan Zoan.

Kebangkitan Buah Iblis Tipe Zoan

Seperti semua kemampuan Buah Iblis, tipe Zoan dapat 'dibangunkan'.

BACA JUGA:

Zoan yang terbangun mendapatkan kekuatan, kecepatan, dan daya tahan yang jauh lebih besar daripada mereka yang memiliki kekuatan Zoan yang belum terbangun.

Ini juga termasuk tingkat pemulihan yang lebih cepat, yang berfungsi tanpa sadar, bahkan ketika pengguna tidak sadar.

Namun, membangkitkan buah Zoan datang dengan risiko sifat bawaan dari masing-masing hewan buah yang memakan pengguna, menyebabkan mereka kehilangan kepribadian dan menjadi binatang yang berpikiran sederhana.

Dalam kasus tersebut, pengguna buah Zoan yang terbangun tidak menunjukkan tanda-tanda pemikiran yang kompleks, tampaknya bertindak berdasarkan naluri dan kekuatan, dan selalu dalam bentuk yang menyerupai bentuk binatang buas penuh mereka, tetapi dengan atribut manusia.

BACA JUGA:

Kelemahan ini mengungkapkan alasan di balik sifat Jailer Beast yang tampak kusam dan sederhana.

Tidak diketahui apakah mereka masih dapat kembali ke bentuk aslinya setelah bangun, atau apakah bentuk dan pola pikir baru ini permanen.

Namun, dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, pengguna Zoan dapat mempertahankan kepribadian mereka saat membangkitkan buah mereka.


One Piece: Eks kru Bajak Laut Beast Page One (kiri) berdampingan dengan X Drake (kanan), dimana dua karakter tersebut pemakan buah iblis tipe Zoan (kuno).-Istimewa-

Dalam kasus ini, alih-alih merosot menjadi binatang buas seperti kebanyakan Zoan yang terbangun, pengguna akan mendapatkan akses ke Bentuk Terbangun baru yang kuat (覚醒フォルム, Kakusei Forumu?) selain transformasi mereka sebelumnya.

BACA JUGA:

Bentuk ini ditandai dengan rambut menyala dan apa yang tampak seperti selempang asap menyala muncul di sekitar pengguna.

Sejauh ini, hanya Monkey D. Luffy, Rob Lucci dan Kaku yang telah menunjukkan kemampuan ini.

Luffy adalah kasus khusus karena kebangkitan buahnya juga menunjukkan ciri-ciri Paramecia yang terbangun, seperti memperluas kekuatan karetnya dan mampu mengubah lingkungan sekitarnya, termasuk makhluk hidup lain dan bahkan zat tak berwujud seperti petir, menjadi karet.

Ini mungkin karena buahnya berasal dari varietas mitos.

BACA JUGA:

Namun, seperti halnya pengguna Paramecia yang terbangun, mereka yang tidak terbiasa dengan kekuatan yang terbangun akan menderita kelelahan parah jika digunakan terlalu banyak.

Empat dari lima Jailer Beast, Monkey D. Luffy, Rob Lucci, dan Kaku semuanya dikonfirmasi sebagai pengguna Zoan yang terbangun.

Tidak diketahui apakah rekrutan baru Jailer Beasts, Minochihuahua, juga salah satunya.

Kelemahan Buah Iblis Tipe Zoan

BACA JUGA:

Dengan pengecualian kemampuan supernatural tertentu yang diberikan oleh buah tipe Mythical, buah Zoan hanya meningkatkan atribut fisik tubuh pengguna.

Dengan demikian, pengguna tipe Zoan tidak dapat mempengaruhi lingkungan mereka dengan cara unik yang mampu dilakukan oleh banyak pengguna buah tipe Paramecia dan Logia; Paling-paling, bentuk-bentuk baru mereka hanya memberi mereka perlindungan yang lebih besar dari bahaya fisik dan lingkungan.


One Piece: Dua kru Bajak Laut Topi Jerami, Roronoa Zoro dan Usopp (tengah) melawan agen CP9, Kaku (kiri) dan Jabra (kanan) di Arc Enies Lobby.-Istimewa-

Mengingat kemampuan Zoan paling efektif dalam pertempuran jarak dekat, lawan yang dapat menggunakan lingkungan mereka untuk bertarung dari jarak jauh dapat mengurangi efektivitas pengguna Zoan.

Meskipun pengguna Zoan memiliki kemampuan untuk meningkatkan kekuatan fisik mereka, mereka mungkin awalnya mengalami kesulitan menyesuaikan diri dengan tubuh mereka yang berubah dan memanfaatkan gaya bertarung mereka dengan atribut fisik yang berbeda.

BACA JUGA:

Ini pertama kali terlihat ketika Kaku mencoba bertarung untuk pertama kalinya setelah memakan Ushi Ushi no Mi, Model: Jerapah dan berjuang untuk menggunakan pedangnya dengan lengan dan lehernya menjadi lebih panjang.

Namun, pengguna yang inovatif seperti Kaku biasanya dapat menemukan cara untuk menggunakan transformasi Zoan mereka untuk mengubah dan meningkatkan gaya bertarung mereka.

Pengguna Zoan baru juga dapat mengalami kesulitan berubah menjadi bentuk hibrida mereka, berpotensi mengakibatkan kekacauan jika bentuk hewan penuh mereka tidak cocok untuk lingkungan mereka, seperti yang terlihat ketika Kaku sepenuhnya berubah menjadi jerapah dan jatuh ke lantai.

Selain itu, meskipun pengguna Zoan dapat meningkatkan kemampuan mereka ketika mereka berubah, kemampuan dan keterampilan alami pengguna pada akhirnya akan mempengaruhi hasil.

BACA JUGA:

Kurozumi Orochi, yang telah menjadi pengguna tipe Mythical Zoan selama sekitar 41 tahun dan telah memasuki bentuk binatang penuhnya, dengan mudah dikalahkan oleh enam dari Sembilan Sarung Merah, meskipun semuanya terluka parah setelah dikalahkan oleh Kaidou. 

Jika pengguna Zoan harus menerima luka permanen atau bahkan kehilangan anggota tubuh saat dalam keadaan berubah, mengubah kembali ke bentuk biasa mereka tidak akan memungkinkan mereka untuk menyembuhkan luka seperti itu.

Ini ditunjukkan ketika Kaidou diberikan bekas luka abadi oleh Kozuki Oden saat berubah menjadi naga, namun itu terus muncul padanya bahkan ketika dalam bentuk manusia.

Ini juga termasuk anggota tubuh yang tumbuh dari pengguna sebagai akibat dari bentuk Zoan mereka, seperti ketika Orochi tidak bisa menumbuhkan kembali kepala tambahannya yang dipotong selama Raid di Onigashima.


One Piece: Para kru Bajak Laut Beast pemakan buah iblis tipe Zoan (buatan).-Istimewa-

BACA JUGA:

Buah Zoan memberikan tingkat kecerdasan yang berbeda berdasarkan apa penggunanya dan makhluk seperti apa yang mereka ubah.

Hewan yang mengkonsumsi Hito Hito no Mi akan mendapatkan kecerdasan manusia, sementara objek dengan kemampuan Zoan mendapatkan kesadaran hewan itu.

Ini dapat menciptakan tantangan bagi orang-orang yang memiliki hewan atau benda dengan kekuatan Zoan.

Hewan yang berubah menjadi hewan lain tidak meningkatkan kecerdasan mereka, sehingga kemampuan mereka untuk memanfaatkan keuntungan yang diberikan oleh transformasi mereka mungkin terbatas.

BACA JUGA:

Benda mati mempertahankan kesadaran hewan mereka bahkan ketika dalam bentuk mati mereka, yang dapat menyebabkan kegunaan mereka menurun jika mereka menderita emosi seperti rasa takut.

Ini terlihat ketika Funkfreed berubah dari bentuk pedangnya ke bentuk gajahnya ketika Franky mengancamnya.

Selain itu, pengguna Zoan yang mati bisa menderita penyakit seperti penyakit, seperti yang terlihat oleh Lassoo yang sedang pilek.

Jika ada makhluk yang memakan Buah Iblis kelas Zoan yang persis sama dengan spesies aslinya (seperti manusia yang memakan Hito Hito no Mi), itu akan menghasilkan pemborosan total, karena mereka tidak mendapatkan transformasi apa pun, namun memperoleh semua kelemahan khas pengguna Buah Iblis.

Admin
Penulis