Piala Dunia U-20 yang Sudah Batal Main di Indonesia, Mendadak Masuk Agenda Partai Demokrat?

Piala Dunia U-20 yang Sudah Batal Main di Indonesia, Mendadak Masuk Agenda Partai Demokrat?

Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).-Twitter/@AgusYudhoyono-

BACA JUGA:

  1. Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Shin Tae-Yong Sebut Timnas U-20 Akan Dibubarkan
  2. Soal Batalnya Gelaran Piala Dunia U-20, Trust Indonesia: Dampak Elektoral Pada Ganjar Pranowo Sangat Serius

Pembatalan ditetapkan FIFA setelah Gubernur Bali I Wayan Koster menyampaikan surat penolakan kehadiran Timnas Israel kepada Menpora.

Pembatalan Drawing itu diikuti oleh keputusan FIFA lainnya yang lebih menyedihkan. Yaitu pembatalan Indonesia dari tuan rumah Piala Dunia U-20.

Kemarin, Senin (3 April 2023), Ketua Panitia Lokal (LOC) Piala Dunia U-20 Erick Thohir telah membubarkan LOC. 

"Hari ini, dengan berat hati, Tim LOC untuk FIFA World Cup U-20 resmi dibubarkan. Terimakasih untuk kerja sama seluruh tim yang solid hingga penghujung perjuangan. Tetap semangat untuk membangun persepakbolaan Indonesia," ujar Erick, Senin 3 April 2023.

BACA JUGA:

  1. Instruksi Jokowi ke Ketua Umum PSSI, Buntut FIFA Batalkan Indonesia Ruan Rumah Piala Dunia U-20
  2. Berduka Gagalnya Main di Piala Dunia U-20, Pemain Timnas Indonesia U-20 Pakai Pita Hitam

Sementara itu, Pengamat Olahraga Anton Sanjoyo dalam sebuah wawancaranya dengan sebuah stasiun televisi nasional menegaskan, Indonesia jangan terus menerus larut dalam kesedihan. 

Namun, kegagalan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 sebaiknya menjadi pelajaran penting bagi pelaksanaan event olahraga internasional ke depan.

Menurutnya, agar masalah yang sama tidak terjadi dan berdampak buruk atau sama seperti yang dialami Piala Dunia U-20, maka kepala daerah yang sudah menandatangani kesepakatan mendukung event olahraga, jangan mengeluarkan pernyataan yang justru bertentangan.

“Kalau kepala daerah sudah menandatangani kesepakatan sebagai Host, ya jangan membuat masalah. Ini kan seperti sudah menerima, kemudian mengungkapkan narasi menolak. Nah Sekarang kalau Israel masuk kualifikasi, apakah Wayan Koster akan menolak kehadiran Israel?Jangan tiba – tiba menolak. Itu bukan hanya kontraproduktif, malah menjadi bencana pada konteks Piala Dunia U-20 kemarin,” ujarnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: