Instruksi Jokowi ke Ketua Umum PSSI, Buntut FIFA Batalkan Indonesia Ruan Rumah Piala Dunia U-20

Instruksi Jokowi ke Ketua Umum PSSI, Buntut FIFA Batalkan Indonesia Ruan Rumah Piala Dunia U-20

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).-Twitter/@jokowi-

Instruksi Jokowi ke Ketua Umum PSSI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung memberi instruksi kepada Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Instruksi disampaikan Jokowi usai Indonesia dibatalkan FIFA sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Instruksi Jokowi disampaikan langsung kepada Ketua Umum PSSI Erick Thohir di Istana Merdeka.

Erick Thohir mengatakan istruksi disampaikan usai dirinya memberi laporan hasil pertemuan dengan Presiden FIFA Gianni Infantino di Doha, Qatar.

"Membaca surat tersebut, Presiden menginstruksikan saya dua hal. Satu, segera membuat peta biru transformasi sepak bola nasional, seperti waktu disampaikan ketika saya menjadi Ketua PSSI," kata Erick di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat, 31 Maret 2023.

BACA JUGA:

Erick menjelaskan bahwa instruksi Presiden sangat jelas setelah membaca surat dari FIFA tersebut, yakni transformasi sepak bola dan negosiasi kepada FIFA agar Indonesia tidak dikenakan sanksi terberat, yakni tidak berkompetisi dalam kejuaraan mana pun di tingkat dunia, seperti tahun 2015.

Presiden menginginkan agar peta biru transformasi sepak bola segera diselesaikan dengan target jangka panjang hingga tahun 2045.

Dalam peta biru itu, Erick diminta memaparkan target yang ingin dicapai ketika Indonesia diperkirakan menjadi negara dengan perekonomian keempat atau kelima terbesar dunia dengan jumlah penduduk 280 juta orang yang 55 persennya adalah anak muda.

BACA JUGA:

"Apakah tetap jago kandang atau memang ada prestasi lainnya di luar negeri? Itu lah kenapa Bapak Presiden mendorong ini sebagai bahan untuk bernegosiasi dengan FIFA," kata Erick.

Erick menambahkan bahwa peta biru transformasi sepak bola ini menjadi bahan bagi Indonesia untuk bernegosiasi dengan FIFA.

Negosiasi ini bertujuan agar Indonesia tidak dikenakan sanksi terberat dari FIFA, yakni dikucilkan dari persepakbolaan dunia.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: