Pembangunan Huntap Tahap II Bagi Korban Gempa Cianjur Ditarget Tuntas Sebelum Lebaran

Pembangunan Huntap Tahap II Bagi Korban Gempa Cianjur Ditarget Tuntas Sebelum Lebaran

Para pekerja sedang menyelesaikan pembangunan Huntap Tahap II untuk korban terdampak gempa bumi Cianjur-Humas Ditjen Perumahan-Ditjen Perumahan

Dari data yang ada di Direktorat Jenderal Perumahan, kontraktor pelaksana pembangunan Huntap Relokasi Tahap II dilaksanakan oleh PT. Brantas Abipraya dan Manajemen Konstruksi PT. Indah Karya. 

Dari target 151 unit yang akan dibangun, di lapangan sudah terbangun sebanyak 142 unit lengkap dengan atap dan dinding serta jendela dan pintu.

BACA JUGA:3 Infrastruktur Pengendali Banjir di Bandung dan Flyover Kopo Diresmikan Presiden Jokowi

BACA JUGA:Jokowi Resmikan Ruas Tol Sayung - Demak, Solusi Alternatif Atasi Kemacetan Pantura

Hunian yang dibangun dengan tipe 36  dan luas kavling 75 meter persegi tersebut tetap menggunakan teknologi rumah tahan gempa Risha yang merupakan hasil inovasi Kementerian PUPR. 

Selain itu, kompleks perumahan yang berada di belakang Kantor Kecamatan Mande tersebut juga akan dilengkapi dengan berbagai prasarana penunjang seperti mushola dan balai warga serta taman serta penanaman pohon penghijauan.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan Huntap Relokasi Tahap I untuk warga terdampak bencana yang berlokasi di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku sebanyak 200 unit. 

Proses pembangunannya merupakan salah satu respon cepat Kementerian PUPR untuk segera menyediakan hunian untuk masyarakat yang rumahnya rusak berat dan berada di lokasi zona merah yang ditetapkan oleh BMKG sehingga perlu segera direlokasi ke lokasi yang aman.

BACA JUGA:Warga Relokasi Gempa Cianjur Dapat RISHA Senilai Rp150 Juta: Rumah Tipe 36, Luas Lahan 75 Meter Persegi

BACA JUGA:Kabar Gembira! 200 KK Korban Gempa Cianjur Direlokasi Dapat Bantuan RISHA Senilai Rp150 Jutaan

"Untuk Huntap Tahap I proses pembangunannya dimulai sejak tanggal 1 Desember 2022 atau sekitar 10 hari setelah gempa bumi terjadi dan saat ini sudah mulai dihuni oleh masyarakat. Jadi kami juga berharap Huntap Tahap II ini bisa segera selesai dan tinggal penyelesaian akhir sehingga Lebaran nanti masyarakat bisa berkumpul bersama keluarga di rumah yang baru," pungkasnya. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: