BNPB Pastikan Isu Pulau Tagulandang Tenggelam Hoaks

BNPB Pastikan Isu Pulau Tagulandang Tenggelam Hoaks

Sejumlah petugas tengah memantau perkembangan Gunung Ruang di Sulut.-FIN/Antara-

FIN.CO.ID- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto menegaskan isu Pulau Tagulandang akan tenggelam apabila terjadi erupsi kembali Gunung Ruang yang jauh lebih besar adalah hoaks.

Hal ini ditegaskan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto saat mengunjungi posko pengungsian warga di Pulau Siau, Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) pada Sabtu, 4 Mei 2024.

BACA JUGA:BNPB Terbangkan Helikopter untuk Angkut Korban Gunung Ruang yang Sakit

BACA JUGA:Bandara Sam Ratulangi Perpanjang Penutupan Gegara Dampak Abu Vulkanik Gunung Ruang

Dalam kunjungan itu, ada salah seorang warga yang melaporkan kepada Kepala BNPB terkait adanya kabar yang beredar bahwa Pulau Tagulandang akan tenggelam karena tsunami akibat dari erupsi Gunung Api Ruang yang akan terjadi lagi dan lebih besar. 

"Itu tidak benar ya. Hoaks. PVMBG sudah mengeluarkan informasi terkait hal itu. Bahwa tidak benar Pulau Tagulandang akan hilang tenggelam. Saya harap kita semua selalu memperbarui informasi hanya dari instansi yang berwenang ya,” kata Suharyanto.

BACA JUGA:Badan Geologi Bantah Pulau Tagulandang Tenggelam Akibat Erupsi Gunung Ruang

BACA JUGA:Dampak Erupsi Gunung Ruang 5 Bandara Masih Ditutup, Ini Daftarnya

Sementara itu, Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Muhammad Wafid mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak mempercayai berita meresahkan tersebut serta tidak menyebarluaskannya.

"Masyarakat di sekitar G. Ruang diharap tenang, beraktivitas seperti biasa, tidak terpancing isu-isu tentang erupsi G. Ruang dan tetap mengikuti perkembangan aktivitas G. Ruang melalui aplikasi MAGMA Indonesia/Website PVMBG atau mengontak langsung dengan Petugas Pos Pengamatan Gunungapi Ruang di Desa Tulusan, Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro atau ke Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG) Badan Geologi di Bandung,"tutur Wafid. (Anisha Aprilia) 

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: