Kabar Gembira! 200 KK Korban Gempa Cianjur Direlokasi Dapat Bantuan RISHA Senilai Rp150 Jutaan

Kabar Gembira! 200 KK Korban Gempa Cianjur Direlokasi Dapat Bantuan RISHA Senilai Rp150 Jutaan

Dirjen Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto saat maninjau RISHA di lokasi relokasi korban gempa Cianjur di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur-Sigit Nugroho-

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Kabar gembira, sebanyak 200 kepala keluarga (KK) korban gempa bumi Cianjur yang rumahnya hancur dan berada di kawasan rawan cesar aktif, akan direlokasi ke Rumah Instan Sehat (RISHA), di wilayah Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. 

Dirjen Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto menjelaskan, RISHA yang dibangun oleh Ditjen Perumahan PUPR itu menempati lahan seluas 2,5 hektar yang disediakan Pemda Cianjur dan lahannya telah dinyatakan clean and clear. 

BACA JUGA:Kepala BMKG: Patahan Cugenang Pemicu Gempa Cianjur Belum Teridentifikasi Sebelumnya

"Clean and clear disini artinya BMKG telah memastikan bahwa lahan tempat relokasi ini aman dari patahan cesar aktif, dan aman dari risiko fatal bencana," ujar Iwan di lokasi relokasi, Kabupaten Cianjur, Minggu 11 Desember 2022. 

Iwan menjelaskan, rumah RISHA yang dibangun pihaknya, per unit menempati lahan seluas 75 meter persegi, atau setara dengan rumah tipe 36. 

"Yang pasti rumah RISHA ini adalah rumah tahan gempa, karena struktur nya ini dibuat sedemikian rupa seperti rumah kayu (elastis), dan tidak rusak jika terjadi guncangan," tuturnya. 

Biaya pembangunan satu unit RISHA di lokasi relokasi itu disebutkan Iwan sebesar Rp150 juta. Bangunan RISHA itu sudah dilengkapi dengan 2 kamar dan kamar mandi, lengkap dengan sanitasi dan air bersih dari PDAM. 

BACA JUGA:Jokowi Pastikan Pembangunan Rumah Warga Terdampak Gempa Cianjur Dimulai Hari Ini

"Per unit RISHA dibangun dengan anggaran senilai Rp150 juta," tuturnya. 

Sebagai tahap awal, imbuh Iwan, sebanyak 80 unit rumah sudah bisa dihuni pada akhir Desember 2022 ini. 

"80 unit ditargetkan selesai akhir Desember, sudah bisa ditempati akhir Desember ini," pungkasnya.

Adapun total anggaran yang diperlukan untuk pembangunan 200 unit RISHA berikut prasarana pendukung dan fasilitas sosial dan fasilitas umum diperkirakan menghabiskan Rp400 miliar.

BACA JUGA:200 Rumah Hunian Tetap akan Dibangun Pemerintah bagi Warga Terdampak Gempa Cianjur

"Jadi nanti setelah selesai dibangun, ada audit, dan disitu diketahui anggaran pembangunannya berapa yang harus dibayar," tandasnya. 

 

 

 

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: