BAZNAS RI Terjunkan Tim Ketiga Bantu Korban Banjir Bandang di Sumbar

BAZNAS RI Terjunkan Tim Ketiga Bantu Korban Banjir Bandang di Sumbar

BAZNAS RI Terjunkan Tim Ketiga Bantu Korban Banjir Bandang di Sumbar--

FIN.CO.ID - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI menerjunkan tim BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) ketiga untuk membantu korban banjir bandang yang melanada Sumatera Barat (Sumbar).

Selain 39 orang tim BAZNAS gabungan dari Pusat, Provinsi dan Kabupaten Sumatera Barat, BAZNAS juga turut mengirimkan layanan mobil rescue, mobil dapur umum dan mobil klinik layanan kesehatan.

Pelepasan tim BTB dan mobil layanan kemanusiaan tersebut diselenggarakan di Gedung BAZNAS RI, Jakarta, Kamis (16/05).

Turut hadir Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA, Wakil Ketua BAZNAS RI H. Mokhamad Mahdum, MIDEC, AK, CA, CPA, CWM, CGRCOP, GRCE, CHRP, Pimpinan BAZNAS RI Saidah Sakwan MA., Dr. Zainulbahar Noor, SE, M.Ec, Rizaludin Kurniawan, M.Si, Kolonel Caj. (Purn) Drs. Nur Chamdani, Deputi Bidang Pengumpulan BAZNAS RI, M Arifin Purwakananta, serta Deputi Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS RI, Dr. HM Imadadun Rahmat, M.Si. 

"Alhamdulillah, kita dapat meluncurkan bantuan kemanusiaan tidak hanya materi tetapi menerjunkan tim SDM yang sangat tangguh dan berpengalaman, ini merupakan tim BTB ketiga yang kita kirimkan untuk membantu banjir bandang Sumbar," ujar Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA.  

Kiai Noor mengatakan, tim ini tidak hanya dari BTB Pusat, tetapi tim BTB daerah juga turut bergabung bersama dalam membantu korban banjir bandang di Sumbar, seperti tim BTB Kabupaten Agam, Tanah Datar, dan Lampung. 

"BAZNAS juga sudah membuka sedekah bencana bagi korban banjir Sumbar. Mudah-mudahan bantuan yang dikirim BAZNAS dapat membantu meringankan beban saudara-saudara kita di Sumatera Barat. Semoga Allah melancarkan, dan memudahkan langkah kita semua," ucapnya.


Pimpinan Baznas secara resmi melepas tim BTB dan mobil layanan kemanusiaan ke lokasi bencana Sumatera Barat, di Gedung BAZNAS RI, Jakarta, Kamis (16/05).--

Sementara itu, Saidah Sakwan MA, mengatakan, tim kemanusiaan BAZNAS ini adalah tim yang ketiga dari dua tim yang sudah ada di lokasi. 

"Armada yang kita berangkatkan yaitu mobil rescue, mobil dapur umum, dan mobil klinik yang juga akan memberikan pelayanan di mana pun lokasi yang membutuhkan bantuan di Sumbar," jelasnya. 

Saidah menjelaskan, tim kemanusiaan nantinya akan membantu layanan kedaruratan seperti layanan kesehatan. Untuk saat ini tim Rumah Sehat BAZNAS (RSB) yang akan berangkat sebanyak lima orang yang terdiri atas dokter, perawat, dan apoteker. 

Tidak hanya itu, Saidah melanjutkan, BAZNAS juga memberikan layanan evakuasi, dapur umum, air bersih, dan juga membantu fasilitas infrastruktur yang dibutuhkan, seperti yang sudah dilakukan tim BTB sebelumnya yaitu membangun jembatan darurat. 

BAZNAS mengajak masyarakat untuk membantu meringankan korban bencana Sumatera Barat melalui Dompet Bencana Kemanusiaan BAZNAS: BSI 900.005.5740 atau dapat melalui dompet digital baznas.go.id/sedekahbencana.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: