Berikut Doa Ziara Kubur Sesuai Sunnah Dalam Hadis Shahih

Berikut Doa Ziara Kubur Sesuai Sunnah Dalam Hadis Shahih

Penampakan kuburan Edy Mulyadi yang tengah didoakan masyarakat -ist-net

BACA JUGA:Berikut Rukun Puasa Ramadan yang Wajib Diketahui Setiap Muslim

BACA JUGA:Tips Khatam Alquran 30 Juz di Bulan Ramadan, Cocok untuk Kerja Kantoran yang Super Sibuk

Hadis ini diajarkan kepada A’isyah radhiyallahu ‘anha, ketika beliau bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang doa yang dibaca pada saat ziarah kubur. (HR. Ahmad 25855, Muslim 975, Ibnu Hibban 7110, dan yang lainnya).

Hadis lainnya dijelaskan oleh Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengunjungi kuburan. Kemudian beliau berdoa:

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنِينَ، وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لَاحِقُونَ

“Keselamatan untuk kalian, wahai penghuni rumah kaum mukminin. Kami insyaaAllah akan menyusul kalian.” (HR. Muslim 249).

Adapun doa kepada orang yang telah meninggal duni sangat dibutuhkan oleh mereka di alam sana.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا مَاتَ الإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلا مِنْ ثَلاثَةٍ : إِلا مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

“Jika seorang manusia mati maka terputuslah darinya amalnya kecuali dari tiga hal; dari sedekah jariyah atau ilmu yang diambil manfaatnya atau anak shalih yang mendoakannya.” (HR. Muslim 1631).

Mendoakan orang yang telah meninggal bukan saja saat ziara kubur. Namun bisa dilakukan kapan saja. Karena itu jangan sampai kita punya prinsip bahwa mendoakan si mayit hanya dilakukan saat ziara kubur. 

Ada pun doa-doa untuk si mayit atau orang yang telah meninggal, hanya untuk yang beragam islam. Umat Islam dilarang mendoakan orang kafir atau non muslim. 

Dilansir dari NU online, bahwa menghadiahkan pahala surat fatihah untuk non Muslim yang sudah meninggal dunia, atau mendoakannya hukumnya haram. Kalau mendoakan non Muslim yang masih hidup agar mendapatkan hidayah atau kebaikan dunia, seperti mendokan agar sehat, itu boleh. (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: