Tips Khatam Alquran 30 Juz di Bulan Ramadan, Cocok untuk Kerja Kantoran yang Super Sibuk

Tips Khatam Alquran 30 Juz di Bulan Ramadan, Cocok untuk Kerja Kantoran yang Super Sibuk

Ilustrasi Alquran.-EmAji-Pixabay

Tips Khatam Alquran 30 Juz di Bulan Ramadan, Cocok untuk Kerja Kantoran yang Super Sibuk- Tinggal menghitung hari umat Islam akan memasuki bulan suci Ramadan 1444 Hijriah. Sesuai kalender masehi, 1 Ramadan 1444 Hijriah jatuh pada tanggal 22 Maret 2023. 

Bulan suci Ramadan adalah bulan yang mulia di antara semua bulan yang ada. Sebab, bulan Ramadan bulan yang didalamnya diturunkan Alquran. 

Allah Subhana wata'ala berfirman dalam Alquran surat Al Baqarah ayat 185 berbunyi:

"Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.”

Selain ibadah puasa yang merupakan amalan wajib di bulan suci Ramadan, amalan-amalan sunnah lainya juga perlu ditingkatkan. Salah satunya amalan sunnah yang dianjurkan dalam bulan suci Ramadan adalah membaca kitab suci Alquran. 

BACA JUGA:Profil Rasmus Paludan, Politikus Rasis yang Berulang Kali Bakar Alquran

BACA JUGA:Kenali Rasmus Paludan, Politisi 'Pembakar Alquran' di Swedia

Banyak hadis yang menjelaskan tentang keutamaan membaca Alquran. Salah satunya yang paling terkenal yakni hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, No. 6469, Rasulullah Salallahu'alaihiwassalam bersabda:

“Siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut. Satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya. Dan aku tidak mengatakan “Alif Laam Miim” satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf".

Untuk itu, pastikan Anda bisa mengkhatam Alquran di momen bulan suci Ramadan ini. Ingat bahwa belum tentu kita bisa kembali menjumpai bulan yang istimewah ini di tahun-tahun yang berikutnya. Sebab, ajal seseorang tidak ada yang mengetahui, kecuali Rabb.

Nah, bagi Anda yang baru memulai untuk mengkhatam Alquran, berikut kamis sediakan tips khatam Alquran 30 jus di bulan Ramadan.

BACA JUGA:Begini Cara Polresta Tangerang Tingkatkan Pengamanan di Bulan Suci Ramadan

BACA JUGA:Jadwal Buka Puasa Ramadan 2023 dan Jadwal Imsakiyah Resmi Kemenag

1. Gunakan Mushaf Alquran yang dicetak per juz:

Anda bisa menggunakan jumlah Juz dalam Mushaf Al-Qur’an. Caranya gunakan Mushaf Al- Qur’an yang dicetak per-juz, biasa disebut mushaf khataman.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: