Berikut Doa Ziara Kubur Sesuai Sunnah Dalam Hadis Shahih

Berikut Doa Ziara Kubur Sesuai Sunnah Dalam Hadis Shahih

Penampakan kuburan Edy Mulyadi yang tengah didoakan masyarakat -ist-net

Berikut Doa Ziara Kubur Sesuai Sunnah Dalam Hadis Shahih- Telah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia menjelang bulan suci Ramadan di setiap tahunnya adalah melakukan ziara kubur keluargnya yang telah meninggal dunia.

Untuk itu, agar ziara kuburnya bermanfaat bagi si mayit, maka harus dilakukan sesuai yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Salallahu'alaihi wassalam.

Adapaun menfaat ziara kubur yakni kembali kepada orang yang berziara dan si mayi apabila didoakan. 

Dalam sebuah hadis dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنِّي كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُورِ فَزُورُوهَا فَإِنَّهَا تُذَكِّرُكُمِ الْآخِرَةَ

”Dulu aku melarang kalian untuk ziarah kubur. Sekarang lakukanlah ziarah kubur, karena ziarah kubur mengingatkan kalian akan akhirat.” (HR. Ahmad 1236 dan dishahihkan oleh Syuaib al-Arnauth).

BACA JUGA:Doa Doa Ibadah Haji dalam Bahasa Arab dan Latin serta Artinya

BACA JUGA:Dear Warga Tangerang, Selama Ramadan Pemkot Bakal Gelar Bazaar Murah Nih di Masjid-masjid

Dalam riwayat lain ari Ibn Hibban nomor hadis 3169 dan sanadnya dinilai shahih oleh Syuaib al-Arnauth, bahwa Rasulullah salallahu'alaihiwassala bersabda:

فَزُورُوَا الْقُبُورَ فَإِنَّهَا تُذَكّركُمُ الـمَوتَ

“Lakukanlah ziarah kubur, karena ziarah kubur akan mengingatkan kalian tentang kematian.” (HR. Ibn Hibban 3169 dan sanadnya dinilai shahih oleh Syuaib al-Arnauth).

Sementara itu, manfaat ziara kubur untuk si mayit yakni ketika orang yang menziara kubur mendoakannya. Untuk itu, doa saat ziara kubur juga harus sesuai dengan yang diajarkan oleh Nabi Salallhu'alaihi wassalam. 

Berikut doa ziara kubur yang diajarkan oleh Nabi.

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ، وَيَرْحَمُ اللهُ الْمُسْتَقْدِمِينَ مِنَّا وَالْمُسْتَأْخِرِينَ، وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لَلَاحِقُونَ أَسْأَلُ اللهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ

Indonesianya: “Semoga keselamatan tercurah kepada kalian, wahai penghuni kubur, dari (golongan) orang-orang beriman dan orang-orang Islam, semoga Allah merahmati orang-orang yang mendahului kami dan orang-orang yang datang belakangan. Kami insya Allah akan menyusul kalian, saya meminta keselamatan untuk kami dan kalian.”

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: