Berikut Rukun Puasa Ramadan yang Wajib Diketahui Setiap Muslim

Berikut Rukun Puasa Ramadan yang Wajib Diketahui Setiap Muslim

llustrasi - Ramadan Mubarak. FOTO: Thirdman - Pexels--

Berikut Rukun Puasa Ramadan yang Wajib Diketahui Setiap Muslim- Puasa Ramadan adalah salah satu kewajiban utama dalam agama Islam yang harus dilakukan oleh umat Muslim setiap tahunnya selama satu bulan penuh. 

Puasa Ramadan memiliki lima rukun yang harus dipenuhi oleh setiap muslim yang menjalankannya.

1. Rukun pertama dari puasa Ramadan adalah niat. Seorang Muslim harus berniat dalam hatinya untuk melakukan puasa sebelum terbit fajar di setiap hari puasa. Niat ini harus murni karena Allah semata, dan harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Sebagaimana hadis Nabi Salallhu'alaihi wassalam berikut:

"Amalan tergantung pada niat, dan setiap orang akan mendapatkan balasan sesuai dengan niatnya." (HR. Bukhari dan Muslim.

2. Rukun kedua dari puasa Ramadan adalah menahan diri dari segala bentuk makanan, minuman, dan aktivitas seksual dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Selain itu, seseorang yang berpuasa juga harus menahan diri dari perilaku buruk seperti mengumpat, berkata kasar, dan berbohong.

BACA JUGA:Bergembira Menyambut Bulan Suci Ramadan, Bulan Penuh Rahmat dan Ampunan

BACA JUGA:Tips Khatam Alquran 30 Juz di Bulan Ramadan, Cocok untuk Kerja Kantoran yang Super Sibuk

Dalam hadis riwayat Imam Bukhari disebutkan: Allah berfirman dalam hadits qudsi: "Orang yang berpuasa itu meninggalkan makan, minum dan syahwatnya karena taat pada perintahKu Allah. Puasa adalah untukku (Allah) dan Aku akan memberikan balasannya, sedang sesuatu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipat gandanya."

Dari Abu Hurairah RA., Rasulullah SAW., bersabda: "Allah 'Azzawajalla berfirman -dalam hadits qudsi: "Semua amal perbuatan anak Adam-yakni manusia- itu adalah untuknya, melainkan berpuasa, karena sesungguhnya puasa itu adalah untuk-Ku dan Aku yang akan memberikan balasan dengannya. Puasa adalah sebagai perisai -dari kemaksiatan serta dari neraka. Maka dari itu, apabila pada hari seseorang diantara engkau semua itu berpuasa, janganlah ia bercakap-cakap yang kotor dan jangan pula bertengkar. Apabila ia dimaki-maki oleh seorang atau dilawan dengan bermusuhan, maka hendaklah ia berkata: "Sesungguhnya saya adalah -sedang- berpuasa.”

3. Rukun ketiga dari puasa Ramadan adalah membayar zakat fitrah. Zakat fitrah adalah zakat yang dikeluarkan oleh setiap Muslim pada akhir bulan Ramadan. Zakat fitrah biasanya berupa bahan makanan yang diberikan kepada orang yang membutuhkan.

BACA JUGA:Asyik! TPP ASN Bogor Cair Sebelum Ramadan, Minggu Ini atau Minggu Depan Sebelum Puasa

BACA JUGA:Rayakan Keseruan Silaturahmi Saat Ramadan 2023 dengan Freedom Internet dari IM3, 100GB Hanya Rp125 Ribu Doang!

4. Rukun keempat dari puasa Ramadan adalah melaksanakan shalat tarawih. Shalat tarawih dilakukan pada malam hari selama bulan Ramadan dan biasanya dilakukan setelah shalat Isya. Shalat tarawih merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan selama bulan Ramadan.

5. Rukun kelima dari puasa Ramadan adalah mengikuti shalat Idul Fitri. Shalat Idul Fitri dilakukan pada hari pertama bulan Syawal setelah selesai menjalankan puasa Ramadan. Shalat Idul Fitri merupakan salah satu bentuk ungkapan syukur kepada Allah atas keberhasilan menyelesaikan ibadah puasa Ramadan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: