Tuntunan Lengkap Ibadah Haji dan Umrah Lengkap dengan Videonya Resmi Kemenag

Tuntunan Lengkap Ibadah Haji dan Umrah Lengkap dengan Videonya Resmi Kemenag

Tangkapan layar cara berpakaian Ihram pria dan wanita yang benar resmi Kemenag -youtube kemenag-youtube kemenag

4. Wukuf di Padang Arafah

Jamaah haji hendaknya banyak membaca zikir, tahmid, istighfar dan bacaan lainnya ketika hendak melaksanakan wukuf.

Saat masuk waktu wukuf jamaah haji dapat membaca doa berikut:

” اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ كَالَّذِي نَقُولُ وَخَيْرًا مِمَّا نَقُولُ ، اللَّهُمَّ لَكَ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي وَإِلَيْكَ مَآبِي وَلَكَ رَبِّ تُرَاثِي ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَوَسْوَسَةِ الصَّدْرِ وَشَتَاتِ الْأَمْرِ ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا تَجِيءُ بِهِ الرِّيحُ “

Latin: Allahumma lakal hamdu kalladzi naqulu wa khairom mimma naqulu, allahumma sholati wa nusuki wa mahyaya wa mamati wa ilaika ma-abi wa laka rabbi turatsi, allahumma inni a’uzu bika min ‘azabil qobri wa waswasatis shodri wa syatatil amri, allahumma inni a’uzu bika min syarri ma taji-u bihir rihu.

Artinya: Ya Allah, bagi Mu pujian seperti yang kami ucapkan, dan lebih baik dari apa yang kami ucapkan. Ya Allah, untuk-Mu sahabatku, ibadah haji, untuk-Mu kehidupanku dan kematianku dan kepada-Mu kami akan kembali, untuk-Mu kami tunjukkan ibadahku. Ya Allah, kami berlindung kepada-Mu dari siksa neraka, dari hati yang ragu dan dari tercerai berainya urusan. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari yang terburuk yang didatangkan oleh angin.

5. Mabit di Muzdalifah

Setelah melaksanakan wukuf selanjutnya akan bermalam di Muzdalifah. Selama di Muzdalifah jamaah haji mengambil batu kerikil sebanyak empat puluh hingga tujuh pulih butir untuk melempar jumrah di Mina.

Bermalam di Muzdalifah dapat dilakukan sampai melewati waktu tengah malam. Namun, lebih utama lagi jika bermalam sampai selesai melaksanakan shalat subuh.

BACA JUGA:Alhamdulillah, Kuota Haji Kabupaten Tangerang Tahun 2023 Minimal 2.200 Orang

6. Melempar Jumrah

Jamaah haji selanjutnya melakukan lempar jumrah di Mina dengan membaca:

بِسمِ اللَّهِ وَاللَّهُ أَكْبَرُ

Bismillahi Allahu Akbar

Artinya: Dengan nama Allah dan Allah yang Mahabesar

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: