Alhamdulillah, Kuota Haji Kabupaten Tangerang Tahun 2023 Minimal 2.200 Orang

Alhamdulillah, Kuota Haji Kabupaten Tangerang Tahun 2023 Minimal 2.200 Orang

Jamaah Haji Kabupaten Tangerang Kloter 05 JKG Saat Hendak Diberangkatkan ke Embarkasi Pondok Gede Pada 6 Juni 2022 lalu (dok Pemkab Tangerang)--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tangerang memperkirakan kuota haji Kabupaten Tangerang pada tahun 2023 sebanyak 2.200 orang. 

Kuota haji Kabupaten Tangerang ini jika disesuaikan dengan kondisi normal pada tahun 2019.

BACA JUGA:Kesempatan Emas, Kemenag Perpanjang Pendaftaran Petugas Haji, Terbuka untuk Umum

"Hari ini masih estimasi, belum ada surat resmi kuota per kabupaten. Tapi kemungkinan minimal 2.200 orang," kata Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tangerang, Ade Baijuri di Tangerang, Rabu 18 Januari 2023.

Ia mengatakan dari estimasi kuota haji Kabupaten Tangerang saat ini diperhitungkan setelah Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menandatangani nota kesepahaman dengan pihak Arab Saudi.

Diketahui, Indonesia kembali mendapat 211 ribu kuota haji atau sama seperti pada 2019.

"Sekarang Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas telah menandatangani nota kesepahaman dengan pihak Arab Saudi, yang mana Indonesia kembali mendapat 211 ribu. Maka kemungkinan estimasi kita minimal 2.200," ujarnya.

BACA JUGA:Daerah Ini Pilih Sistem Usia Tertua Berangkatkan Kuota Haji

Ia menyebutkan dengan kuota sekitar dua ribu lebih orang calon haji ini mengestimasi waktu tunggu haji di wilayah itu mencapai 27 tahun dan setiap bulannya di rata-ratakan ada 250 orang mendaftar haji ke Kantor Kemenag Kabupaten Tangerang.

"Estimasi keberangkatan 27 tahun. Sehari 16 orang mendaftar haji, artinya 250 orang per bulan," katanya.

Dia pun berharap kuota pemberangkatan haji di tahun 2023 ini untuk wilayah Kabupaten Tangerang, bisa kembali seperti pemberangkatan haji tahun 2019 lalu. 

Sebab, kini Pemerintah Kerajaan Arab Saudi, saat ini juga tidak lagi membatasi usia calon haji asal Indonesia.

BACA JUGA:Biaya Ibadah Haji Tahun 2023 Akan Ada Kenaikan

Ia juga menambahkan, pada musim haji tahun 2022 kemarin, kuota calon haji di wilayah Kabupaten Tangerang, hanya sebanyak 890 calon haji.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: