News

Meski Sering Diberi Sembako, Ini Alasan KKB Papua atau OPM Anan Nawipa Tembak Mati Danramil Aradide

fin.co.id - 13/05/2024, 11:36 WIB

Anan Nawipa ungkap alasan tembak mati Danramil Aradide walau sering dikasih sembako

FIN.CO.ID - Terungkap penyebab anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) atau anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) Anan Nawipa menembak mati Danramil 1703-4/Aradide, Lettu (anumerta) Oktovianus Sogalrey.

Padahal Danramil Aradide Lettu (anumerta) Oktovianus Sogalrey punya hubungan dekat dengan Anan Nawipa dan sering memberi sembako.

Dijelaskan Kepala Operasi Damai Cartenz 2024 Kombes Pol Faizal Ramadhani alasannya Anan Nawipa membunuh Danramil Aradide karena dirinya sangat membenci TNI dan Polri.

"Anan Nawipa mengakui Kelompoknya lah yang melakukan Pembunuhan terhadap Danramil 1703-4/Aradide karena mereka sangat membenci anggota TNI-Polri," kata Bayu dalam keterangannya, Senin, 13 Mei 2024.

Faizal menjelaskan Anan Nawipa merupakan Anggota KKB pimpinan Osea Satu Boma dan DPO Polres Nabire yang kerap melakukan kejahatan yaitu Curanmor sejumlah 12 sepeda motor dan penjambretan sejumlah 2 kasus. 

BACA JUGA:

"Ya benar, Anan Nawipa adalah DPO Polres Nabire atas aksi Curanmor. Anan Nawipa juga merupakan anggota KKB yang terlibat dalam Pembunuhan terhadap Danramil 1703-4/Aradide, untuk perannya masih akan di dalami oleh penyidik Satgas Gakkum Operasi Damai Cartenz di Timika," ujarnya.

Sementara itu, Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz, AKBP Bayu Suseno mengatakan tersangka dan korban memiliki kedekatan.

"Sangat disayangkan padahal Almarhum sangat dekat dengan pelaku selama ini" ujar Bayu.

Kedekatan mereka karena Lettu (anumerta) Oktovianus Sogalrey kerap memberikan bantuan dalam bentuk sembako. Bahkan, korban juga memiliki kedekatan dengan keluarga Anan Nawipa.

"Dia (tersangka) sering dikasih sembako oleh korban untuk keluarganya yang tinggal di Kampung Ekadide," sebutnya.(anisha aprilia)

 

Gatot Wahyu
Penulis
-->